Selasa 26 Mar 2024 18:52 WIB

Imigrasi Meulaboh Sebut 11 Warga Rohingya Meninggal, Diduga Tenggelam di Perairan Aceh

Sebelas etnis Rohingya yang meninggal itu kemudian dimakamkan di dua lokasi terpisah.

Petugas gabungan dari personel Basarnas, BPBD, TNI AL dan Polairud Polda Aceh menggotong jenazah imigran etnis Rohingya yang terombang-ambing di perairan laut Calang, Aceh Jaya, Aceh, Sabtu (23/03/2024). Sebanyak dua mayat imigran etnis Rohingya yang ditemukan nelayan  di perairan Aceh Jaya tersebut dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teuku Umar Calang untuk penanganan lebih lanjut.
Foto: ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Petugas gabungan dari personel Basarnas, BPBD, TNI AL dan Polairud Polda Aceh menggotong jenazah imigran etnis Rohingya yang terombang-ambing di perairan laut Calang, Aceh Jaya, Aceh, Sabtu (23/03/2024). Sebanyak dua mayat imigran etnis Rohingya yang ditemukan nelayan di perairan Aceh Jaya tersebut dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teuku Umar Calang untuk penanganan lebih lanjut.

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH -- Otoritas Kantor Imigrasi Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat mencatat sebanyak 11 orang etnis Rohingya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Para korban diduga tenggelam di perairan barat Provinsi Aceh.

"Ke-11 korban saat ini telah dimakamkan di dua lokasi terpisah di Kabupaten Aceh Jaya dan Kabupaten Aceh Barat," kata Pelaksana Tugas ( Plt) Kepala Kantor Imigrasi Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Jamaluddin kepada ANTARA di Meulaboh, Selasa (26/3/2024) sore.

Baca Juga

Jamaluddin mengatakan, ke-11 korban tersebut sebelumnya ditemukan di sejumlah lokasi terpisah yaitu di kawasan perairan Calang, Kabupaten Aceh Jaya dan perairan Lamno, Kabupaten Aceh Jaya. Sedangkan seorang korban lainnya ditemukan di kawasan perairan Desa Suak Uleue, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat.

Penemuan korban tenggelam tersebut diketahui sejak Sabtu hingga Senin, 23-25 Maret 2024. Jamaluddin mengatakan dari seluruh korban tenggelam yang ditemukan meninggal dunia, sebanyak 10 orang korban di antaranya berjenis kelamin laki-laki. Sedangkan seorang korban lainnya berjenis kelamin perempuan.

Prosesi pemakaman 10 warga diduga etnis Rohingya tersebut di Desa Keutapang, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya. Sedangkan seorang korban lainnya dikebumikan di Desa Suak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

Prosesi pemakaman keseluruhan korban dilakukan oleh sejumlah pihak terkait di masing-masing pemerintah daerah di Kabupaten Aceh Jaya dan Kabupaten Aceh Barat. Jamaluddin juga mengatakan saat ini jumlah pengungsi etnis Rohingya yang sebelumnya ditemukan terapung di perairan Kabupaten Aceh Barat, hingga Selasa masih ditampung sementara di Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Barat di kawasan Suak Nie, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, kabupaten setempat.

photo
Aliran Pengungsi Rohingya - (Republika)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement