Rabu 20 Mar 2024 12:45 WIB

Kisah Sukses Mahasiswa Prodi Sistem Informasi UNM Magang Lewat Program MSIB Batch 6

Keberhasilan magang bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa UNM lainnya.

Billie Jonathan mahasiswa semester 6 dari program studi (prodi) Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM), berhasil memperoleh kesempatan magang yang menginspirasi lewat program Magang Merdeka melalui MSIB (Magang Studi Independen Bersertifikat) Batch 6.
Foto: Dok. UNM
Billie Jonathan mahasiswa semester 6 dari program studi (prodi) Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM), berhasil memperoleh kesempatan magang yang menginspirasi lewat program Magang Merdeka melalui MSIB (Magang Studi Independen Bersertifikat) Batch 6.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Billie Jonathan mahasiswa semester 6 dari program studi (prodi) Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM), berhasil memperoleh kesempatan magang yang menginspirasi lewat program Magang Merdeka melalui MSIB (Magang Studi Independen Bersertifikat) Batch 6. 

Dengan antusiasme dan dedikasi, Billie membagikan pengalaman dan kisah suksesnya selama magang di Autopedia, anak perusahaan ASSA (PT Adi Sarana Armada Tbk) yang bergerak di sektor lelang dan jual beli kendaraan bekas. Dalam wawancara, Billie Jonathan membagikan pengalaman yang luar biasa sejak awal perjalanan magangnya. Sejak SMP, minatnya pada teknologi telah membawanya memilih jurusan Sistem Informasi, yang akhirnya membukakan pintu untuk magang di bidang IT Helpdesk. 

Baca Juga

“Setiap orang memiliki opportunity masing-masing, tugas kita hanyalah memperbesar opportunity tersebut,” ujar Billie, mengutip keterangan tertulis, Rabu (20/3/2024).

Tempat magang Billie di Autopedia telah memberinya pengalaman berharga. Ia memulai magang pada 16 Februari 2024 dan akan berakhir 30 Juni 2024. Ia menjabat sebagai IT Helpdesk. 

“Jobdesk saya meliputi mencatat dan menyampaikan masalah, menyelesaikan masalah IT, menangani akun pengguna atau pelanggan, serta membuat laporan rekapitulasi,” ungkapnya.

Proses seleksi untuk mendapatkan tempat magang ini tidaklah mudah. Billie menceritakan tahapan dari mulai mengajukan rekomendasi ke Kampus Merdeka hingga melewati berbagai seleksi, seperti psikotes, tes portofolio, Focus Group Discussion (FGD) dan user interview.

“Sesuaikan posisi magang dengan jurusan kuliah, menyusun CV yang sesuai, serta meningkatkan skill dan pengetahuan yang relevan. Matakuliah seperti jaringan komputer, dasar pemrograman dan sistem operasi sangat membantunya dalam menjalankan tugasnya sebagai IT Helpdesk,” jelasnya.

Pada kesempatan lain, Muhammad Faisal selaku kepala Nusa Mandiri Career Center (NCC) mengatakan bahwa keberhasilan Billie Jonathan ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus mengembangkan potensi dan memanfaatkan peluang yang ada. 

“Melalui program MSIB Batch 6, Kampus Merdeka terus berkomitmen untuk membuka pintu kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk menggapai mimpi mereka di dunia industri,” kata Faisal.

Ia menegaskan bahwa NCC menjembatani mahasiswa/i untuk dapat menggali pengalaman dengan program magang dengan perusahan-perusahaan baik Nasional maupun multinasional.

“Harapan yang sangat besar dari Universitas Nusa Mandiri melalui NCC para lulusan dapat meraih karier yang gemilang,” tutupnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement