Selasa 19 Mar 2024 10:39 WIB

Peraih Kursi DPR di Dapil Jakata II: Menaker Ida, Once, Hingga Uya Kuya

Ada tujuh kursi DPR RI yang diperebutkan di dapil Jakarta II.

Rep: Febryan A/ Red: Andri Saubani
Once Mekel menggelar jumpa pers di Mayosi Cafe & Eatery BSD, Tangerang, Sabtu (12/3/2022), menceritakan proses pembuatan lagu charity climate change, dengan berkolaborasi musik melalui NFT bersama beberapa musisi dunia.
Foto:

  • Kursi ketiga didapatkan oleh caleg Partai Gerindra, Himmatul Aliya. Istri dari Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani itu berhasil mengoleksi 94.543 suara. Himmatul adalah anggota DPR pejawat.
  • Kursi keempat dimenangi oleh caleg Golkar, Abraham Sridjaja. Pria kelahiran 1991 itu berhasil meraup 259.126 suara.
  • Kursi kelima didapatkan oleh caleg PAN, Uya Kuya. Selebritis yang baru pertama kali terjun ke dunia politik praktis itu berhasil meraup 81.463 suara. Raihan suaranya lebih banyak dibanding enam caleg PAN lainnya, termasuk mantan Menpora Adhyaksa Dault.
  • Kursi keenam didapatkan oleh caleg PKB, Ida Fauziah. Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) aktif itu mengoleksi 76.092 suara.
  • Kursi ketujuh akan menjadi milik caleg PKS, Kurniasih Mufidayati atau caleg PSI, Ade Armando. Kurniasih meraih 56.982 suara di Dapil Jakarta II, sedangkan Ade 72.245 suara. 

Kepastian pemenang kursi terakhir masih harus menunggu KPU tuntas mengesahkan hasil Pileg DPR 2024 dari semua provinsi. Dengan begitu, bakal diketahui apakah total raihan suara PSI secara nasional mencapai ambang batas parlemen 4 persen atau tidak.

Selain total raihan suara PSI, sengketa hasil pemilu juga dapat mengubah pemenang kursi di Dapil Jakarta II. Sebab, putusan sengketa hasil bisa mengubah raihan suara yang didapatkan partai ataupun caleg. Sengketa hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) akan bergulir usai KPU menetapkan hasil Pemilu 2024 pada Selasa (19/3/2024) atau Rabu (20/3/2023).

Sebagai catatan, Dapil Jakarta II (meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan luar negeri) disebut dapil neraka karena ada banyak elite politik hingga selebritas maju di dapil tersebut. Alhasil, persaingan menjadi sengit dalam memperebutkan tujuh kursi DPR tersedia.

 

photo
Data Caleg Artis dari Pemilu ke Pemilu - (Infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement