Kamis 14 Mar 2024 12:20 WIB

Banjir Semarang, Sejumlah Perjalanan Kereta Daop 6 Dibatalkan 

Sejumlah perjalanan kereta Daop 6 dibatalkan akibat banjir yang melanda Semarang.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Bilal Ramadhan
Foto udara sejumlah kendaraan melewati banjir yang merendam jalur pantura di Jalan Kaligawe Raya, Semarang. Sejumlah perjalanan kereta Daop 6 dibatalkan akibat banjir yang melanda Semarang.
Foto: ANTARA FOTO/Makna Zaezar
Foto udara sejumlah kendaraan melewati banjir yang merendam jalur pantura di Jalan Kaligawe Raya, Semarang. Sejumlah perjalanan kereta Daop 6 dibatalkan akibat banjir yang melanda Semarang.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Sejumlah KA dibatalkan akibat terdampak banjir di wilayah Semarang. Di mana ada 3 titik jalur KA yang tergenang air sejak Kamis (14/3/2024) dini hari tadi. 

“Daop 6 Yogyakarta meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan kereta api yang perjalanannya terdampak banjir di wilayah Semarang tepatnya di Petak Jalan Semarang Tawang-Alastua, Petak Jalan Semarang Tawang-Semarang Poncol, dan Petak Jalan Mangkang-Kaliwungu,” kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro, melalui keterangan tertulis, Kamis (14/3/2024). 

Baca Juga

Kris menjelaskan jalur KA pada 3 titik tersebut tergenang air sejak Kamis dini hari dengan ketinggian lebih dari 10 cm di atas kop rel. Hal tersebut membuat tidak memungkinkan untuk dilewati perjalanan kereta api.

“Akibat peristiwa tersebut Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng saat ini tidak dapat melayani naik dan turun penumpang sampai dengan kondisi banjir teratasi. Kejadian tersebut juga berdampak pada KA-KA yang melewati Daop 6 dan mengarah ke tujuan Semarang,” katanya.

Daop 6 Yogyakarta juga melaporkan beberapa KA juga mengalami keterlambatan yang bervariasi akibat peristiwa tersebut. Selain itu ada juga beberapa KA Daop 6 juga dibatalkan perjalanannya seperti:

1. KA 161 (Joglosemarkerto) relasi Solobalapan-Tegal

2. KA 162 (Joglosemarkerto) relasi Tegal-Solobalapan

3. KA 207F (KA Banyubiru) relasi Solobalapan-Semarang Tawang

4. KA 210F (KA Banyubiru) relasi Semarang Tawang-Solobalapan

Oleh sebab itu, Kris menjelaskan bagi para pelanggan yang perjalanan KA nya terimbas, pihak KAI akan memberikan kompensasi sesuai regulasi yang berlaku. Baik berupa Service Recovery maupun pengembalian tiket hingga 100% tidak termasuk biaya pesan.

Proses pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Untuk syarat dan detail ketentuan selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi customer service di stasiun, Contact Center KAI.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement