Ahad 10 Mar 2024 20:21 WIB

Pentingnya Keberlanjutan, Elnusa Petrofin Ajak Blogger Jaga Kelestarian Lingkungan

Dalam tulisannya, Eta Rahayu juga mengangkat isu-isu yang relevan.

Lingkungan lestari (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Lingkungan lestari (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya keberlanjutan dan pelestarian lingkungan, Elnusa Petrofin (EPN), anak usaha Elnusa Tbk (ELSA) menyelenggarakan Blog Competition bertema "Mendukung Energi untuk Lingkungan Hidup dan Kemajuan Indonesia." Kompetisi yang berlangsung dari Januari hingga Februari 2024 bersama Kompasiana ini dirancang untuk mengajak para Blogger, sebagai salah satu agen perubahan yang mempunyai peran strategis dalam era digital untuk menyampaikan pesan kepada Masyarakat, dapat turut berpartisipasi dalam mempromosikan inisiatif keberlanjutan energi dan kemajuan bangsa.

Setelah melalui proses seleksi ketat, pemenang kompetisi blog ini adalah Eta Rahayu. Dalam tulisannya, ia berhasil menyajikan inspirasi melalui kisah hidupnya yang memotivasi untuk mengurangi beban penggunaan energi dengan efek domino berjalan kaki. Dalam tulisannya, Eta Rahayu juga mengangkat isu-isu yang relevan, seperti ancaman perubahan iklim dan dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari, serta mengajak pada pembaca untuk memulai lifestyle yang lebih memperhatikan sustainability dimulai dari diri sendiri.

Baca Juga

Dalam tulisannya, Eta Rahayu juga mengangkat isu-isu yang relevan, seperti ancaman perubahan iklim dan dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari. Indonesia, sebagai salah satu negara yang terdampak secara signifikan oleh perubahan iklim, telah mengambil langkah untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Melalui pertemuan UN Climate Change Conference (COP 26) tahun 2021, Indonesia berkomitmen untuk mencapai net zero emission (NZE) pada tahun 2060 atau bahkan lebih cepat. Dalam mendukung komitmen ini, sektor industri, termasuk Elnusa Petrofin, yang turut aktif terlibat dalam aksi hijau seperti penanaman pohon, sebagai bentuk kontribusi terhadap upaya pelestarian lingkungan.

"Melalui inisiatif-inisiatif keberlanjutan seperti Blog Competition ini, kami berharap dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat untuk terlibat aktif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan," kata Manager Corporate Communication & Relations Elnusa Petrofin, Putiarsa Bagus Wibowo, dikutip pada Ahad (10/3/2024). 

EPN, kata dia, memiliki komitmen terhadap keberlanjutan, juga melakukan berbagai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendukung tujuan tersebut. Salah satunya adalah melalui penanaman ribuan bibit pohon, yang tidak hanya membantu menyerap ribuan ton CO2eq, tetapi juga mengurangi emisi GRK secara signifikan. Langkah-langkah ini menjadi bagian dari upaya untuk menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan bagi generasi mendatang.

"Kompetisi blog ini merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen kami untuk terus berkontribusi dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan dan kemajuan Indonesia," ujar Putiarsa. "Melalui kolaborasi dengan para blogger, kami berharap pesan-pesan keberlanjutan ini dapat memberikan multiplier effect dan menginspirasi lebih banyak orang untuk turut berpartisipasi dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup."

sumber : Web
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement