Ahad 25 Feb 2024 15:39 WIB

Pengamat: Anies dan Ahok Berpotensi Maju Lagi di Pilgub DKI 2024

Nama Ridwan Kamil dan Pj Gubernur Heru juga masuk dalam daftar kandidat.

Rep: Febryan A/ Red: Teguh Firmansyah
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (kanan) berjabat tangan dengan Anies Baswedan
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A.
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (kanan) berjabat tangan dengan Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik, Arifki Chaniago menilai, Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berpotensi maju kembali sebagai calon gubernur (cagub) dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024. Sebab, keduanya masih punya popularitas.

"Kemungkinannya besar Anies dan Ahok maju kembali karena masih populer, kan. Keduanya juga masih punya jatah untuk maju," kata Arifki kepada Republika, Ahad (25/2/2024).

Baca Juga

Jatah yang dimaksud adalah Anies baru satu periode menjadi gubernur DKI Jakarta (2017–2022), sehingga bisa menjabat satu periode lagi. Ahok juga baru satu periode (2014–2017). 

Anies menduduki kursi DKI 1 ketika itu setelah mengalahkan Ahok dalam Pilgub DKI 2017. Pertarungan keduanya berjalan sengit dan diwarnai politik identitas, yang dipicu oleh kasus penistaan agama yang dilakukan Ahok.

Setelah menyelesaikan masa jabatan gubernur, Anies diusung oleh PKS, Nasdem, dan PKB menjadi capres Pilpres 2024. Namun, Anies kalah dalam pertarungan memperebutkan kursi RI 1, berdasarkan hasil hitung cepat dan real count sementara.

Menurut Arifki, PKS bisa saja mengusung Anies kembali sebagai cagub dalam Pilgub DKI yang akan digelar pada November 2024. "Pilihan menarik PKS apakah akan mengusung kembali Anies yang kalah di pilpres, tapi peluangnya cukup besar maju di Pilgub DKI," ujarnya.

Sementara itu, Ahok setelah menjalani hukuman penjara atas kasus penistaan agama, dia masuk PDIP. Dia kemudian diangkat menjadi Komisaris Utama PT Pertamina. Jelang pemungutan suara Pilpres 2024, Ahok melepaskan jabatan tersebut agar bisa berkampanye untuk capres usungan PDIP, Ganjar Pranowo.

Menurut Arifki, Ahok dan Menteri Sosial Tri Rismaharini adalah kader yang dipertimbangkan PDIP untuk diusung dalam Pilgub DKI Jakarta. "Ahok dan Risma punya potensi diusung oleh PDIP," ucapnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya