Rabu 21 Feb 2024 11:39 WIB

Presiden Jokowi Resmi Lantik Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam

Hadi Tjahjanto menggantikan Mahfud MD menjadi menko polhukam.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Hadi Tjahjanto menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2024).

Hadi Tjahjanto yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri ATR/Kepala BPN ini dilantik menjadi Menko Polhukam setelah posisi ini ditinggalkan oleh Mahfud MD yang menjadi cawapres Ganjar Pranowo. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta pada pukul 11.00 WIB.

Acara dimulai dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden. Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden No 34/P Tahun 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Presiden Jokowi.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-urusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Jokowi saat mendiktekan sumpah jabatan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatangan berita acara pelantikan Menko Polhukam. Prosesi pelantikan ini kemudian diakhiri dengan pemberian selamat oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin dan diikuti oleh para pejabat yang hadir.

Tampak hadir Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menko Marinvest Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Menkominfo Budi Arie Setiadi.

Selain itu hadir pula Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement