Selasa 20 Feb 2024 16:41 WIB

Kemenhub Gelar Boarding Officer Bagi Keselamatan Pelayaran

Pemerintah memiliki komitmen menjamin keselamatan pelayaran di NKRI.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pelatihan peningkatan keterampilan boarding officer untuk mewujudkan awak kapal negara patroli KPLP.
Foto: Republika.co.id
Pelatihan peningkatan keterampilan boarding officer untuk mewujudkan awak kapal negara patroli KPLP.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan melalui Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) menggelar peningkatan keterampilan boarding officer untuk mewujudkan awak kapal negara patroli KPLP responsif mendukung keamanan dan keselamatan pelayaran.

"Peserta kegiatan peningkatan keterampilan boarding officer adalah dari awak kapal negara patroli pada unit pelaksana teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berjumlah 24 orang peserta," kata Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Jon Kenedi dalam keterangan di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Pelaksanaan kegiatan Boarding Officer dilaksanakan di Surabaya dan Daerah Lingkungan Kerja Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Tanjung Perak yang berlangsung pada 19-23 Februari 2024. Jon Kenedi mengatakan, dengan adanya pelatihan itu, diharapkan seluruh awak kapal negara patroli kesatuan penjagaan laut dan pantai semakin siap dalam menjalankan tugas operasional.

Hal itu supaya tugas pengawasan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Negara Kesatuan Republik Indonesia menghadapi berbagai macam bentuk permasalahan bisa berjalan optimal. Menurut dia, dalam menjalankan tugas sebagai penegak hukum di laut, mereka harus cekatan, profesional dan menguasai aturan yang berlaku dalam dunia maritim.

Selain itu, perlu pula dibekali dengan pengetahuan keterampilan khusus, seperti keterampilan boarding officer. Pasalnya, keterampilan itu adalah suatu bentuk performa untuk ketangkasan mempertahankan diri saat menghadapi ancaman dalam situasi darurat dan terdesak.

Menurut Jon, pemerintah memiliki komitmen untuk menjamin pengawasan keamanan dan keselamatan pelayaran yang mutlak di NKRI dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Sehingga para pengguna jasa transportasi laut merasa nyaman dan aman dalam melakukan kegiatannya.

Jon berharap kepada para peserta agar dapat mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya. "Dan harapan kami ke depannya kepada para peserta setelah mengikuti pelatihan boarding officer ini, para personel awak kapal negara KPLP harus lebih baik lagi dalam mengemban tugasnya pada unit kerja masing-masing," kata Jon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement