Kamis 15 Feb 2024 17:03 WIB

Citra Sebagai 'Partainya Jokowi' Ternyata tak Mampu Katrol Raihan Suara PSI

Menurut quick count LSI Denny JA, PSI diprediksi kembali gagal masuk ke parlemen.

Presiden RI Joko Widodo bersama ketua umum PSI Kaesang Pangarep, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie dan sejumlah kader muda PSI, bertemu di Sun Plaza, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (7/2/2024) malam. Presiden Joko Widodo kembali memiliki agenda bertemu dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dan kadernya. Dalam pertemuan itu, mereka sempat makan mie bersama. Mengenai penilaian terhadap Kaesang memimpin PSI, Jokowi meminta menunggu hasil Pemilu 2024.
Foto:

Lewat keterangan tertulisnya kemarin, anggota Dewan Pembina PSI Ratu Isyana Bagoes Oka optimistis partainya bisa menembus ambang batas parlemen (parliamentary threshold) dan meraih kursi DPR di Senayan.

"Data quick count baru masuk sekitar 30-40 persen. PSI sementara berada di kisaran 3-4 persen, dengan margin of errors sekitar 1-2 persen. Insya Allah bila data sudah final, PSI akan melewati parliamentary threshold 4 persen," kata Isyana dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Rabu.

Dalam kesempatan itu, Isyana juga berpesan kepada seluruh kader dan caleg PSI untuk terus mengawal suara rakyat yang dititipkan kepada PSI. "Selain mengawal suara nasional, DPP PSI juga menginstruksikan agar mengawal suara yang akan menjadi kursi di DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Jangan lengah, kawal suara rakyat," ujarnya.

Adapun sebelumnya, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep mengaku partai yang ia pimpin bisa melenggang masuk Parlemen Senayan pada Pemilu 2024.

Deg-degan, tapi yakin PSI bisa masuk ke Senayan,” ujar Kaesang saat memberi keterangan kepada pers usai menyalurkan hak suara di TPS 063, Apartemen Taman Rasuna, Menteng Atas, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu.

Kaesang menuturkan, dirinya yakin PSI bisa tembus ke Senayan untuk pertama kalinya karena melihat survei internal yang menunjukkan elektabilitas partai berada di kisaran 5,1 hingga 6 persen. “Survei internal kami 5,1–6 persen, tapi saya harap bisa lebih baik,” ujar putra bungsu Presiden Joko Widodo itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement