Jumat 02 Feb 2024 17:27 WIB

Jumat Siang, Gunung Semeru Kembali Erupsi

PVMBG menetapkan status oranye untuk keamanan penerbangan menyusul erupsi Semeru.

Gunung Semeru saat erupsi pada Senin (19/12/2022) pukul 15.58 WIB. Gunung di Jawa Timur itu kembali erupsi pada Jumat (2/2/2024) pukul 15.21 WIB.
Foto:

Dalam laporan tertulisnya, Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur Lumajang itu mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan. Jarak amannya ialah sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak boleh melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan. Sebab, ada pontensi perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

Masyarakat juga dilarang beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru. Itu karena area tersebut rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

Masyarakat pun diminta mewaspadai potensi awan panas, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru. Semua diserukan berhati-hati di sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement