Kamis 01 Feb 2024 23:06 WIB

Manajer Wedding Organizer Penyebab Savana Gunung Bromo Terbakar Divonis 2,5 Tahun Penjara

Penggunaan flare dalam foto prewedding membuat savana Gunung Bromo terbakar.

Api membakar hutan dan lahan (karhutla) kawasan Gunung Bromo terlihat di Pos Jemplang, Malang, Jawa Timur, Sabtu (9/9/2023). Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur luas kebakaran hutan dan lahan yang terjadi sejak 30 Agustus itu sekitar 274 hektar dan diduga sumber api akibat suar yang dinyalakan pengunjung.
Foto:

Andrie merupakan manajer wedding organizer yang menyebabkan kebakaran lahan di Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Kebakaran berasal dari suar atau flare yang dinyalakan sebagai properti foto prewedding.

"Area Savana Bromo terbakar sore ini akibat 'kreativitas' mereka. Diperkirakan dampaknya akan semakin besar. Kalo ada yang kenal fotografer dan klien dalam video, tolong mention di sini. Banyak yang mau silaturahmi," kata akun X, yang dulunya Twitter, @anomharya dikutip Republika di Jakarta pada Kamis (7/9/2023).

Cicitan tersebut disertai video momen api kecil mulai menyala oleh karena flare dari sekelompok orang yang tengah melakukan foto prewedding di belakang tulisan "Teletubbies." Di video selanjutnya, api semakin membesar hingga malam hari pada Rabu (6/9/2023).

Akibat tindakan terdakwa, 1241,729 hektare lahan Teletubbies hangus. Menurut kalkulasi ahli kebakaran hutan dan lahan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Bambang Hero Saharjo, nilai kerugian dari insiden tersebut mencapai sekitar Rp741 miliar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement