Rabu 24 Jan 2024 15:48 WIB

Alasan Firli Bahuri Kembali Ajukan Gugatan Praperadilan

Hakim praperadilan dinilai belum memutus perkara.

Rep: Ali Mansur/ Red: Teguh Firmansyah
Ketua KPK Non Aktif Firli Bahuri
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua KPK Non Aktif Firli Bahuri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri membeberkan alasannya kembali mengajukan gugatan praperadilan atas penetapan sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL). Melalui kuasa hukumnya, Fahri Bachmid telah mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin (22/1/2024) lalu.

“Yang pertama hakim praperadilan yang pertama belum memutus perkara, belum memutus apa yg menjadi substansi yang diajukannya praperadilan kita kemarin. Meminta menguji dua alat bukti terhadap penetapan pak Firli sebagai tersangka kan belum dinilai secara substansial oleh hakim,” ujar Fahri dalam keterangannya kepada awak media, Rabu (24/1/2024).

Baca Juga

Alasan kedua, kata Fahri, tindakan penyitaan sebagai tindak lanjut dari penetapan yang bersangkutan sebagai tersangka berupa penyitaan dan sebagainya dianggap tidak sah, bahkan tidak prosedural. Disebutnya, putusan pertama itu hakim belum menilai secara lebih mendalam. Sehingga bunyi amar putusan majelis hakim adalah tidak diterima bukan ditolak. 

“Bunyinya amarnya bukan ditolak tapi permohonan praper tidak diterima jadi istilahnya no. Kalau no belum menyelesaikan masalah pokok sehingga dasar itu kami memperbaiki kembali permohona praperadilan menyempurnakan apa-apa yang menjadi dasar majelis hakim prapradilan tidak menerima permohanan yang pertama,” jelas Fahri.

Selain itu, Fahri mengatakan, alat bukti yang diperlihatkan di depan persidangan praperadilan pertama sama sekali belum menunjukkan betul-betul ada suatu peristiwa pidana yang dilanggar oleh Firli. Tetapi hanya berupa surat kronologis yang tidak jelas siapa yang membuatnya. Kemudian saksinya juga banyak, tapi tidak menerangkan tentang hubungan yang dilakukan oleh Firli Bahuri dengan SYL secara langsung.

“Saksi-saksi itu kan tidak relevan semua kalau pun mau dianggap hanya mampu menjelaskan dari aspek-aspek yang tidak lebih mendalam mereka tidak tahu, tidak mengalami sendiri tidak mendengar sendiri kan begitu,” kata Fahri.

 

Firli Bahuri, tersangka kasus pemerasaan terhadap mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) kembali mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Gugatan itu terdaftar dengan nomor perkara: 17/Pid.Pra/2024/PN JKT.SEL. Hal itu diketahui dari dari laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jakarta Selatan itu

"Klasifikasi perkara sah atau tidaknya penetapan tersangka," demikian seperti dikutip dari SIPP PN Jakarta Selatan, Selasa (22/1/2024).

Dalam SIPP PN Jakarta Selatan itu tercatat gugatan praperadilan tersebut didaftarkan pada hari Senin (22/1/2024) kemarin. Pada gugatan kali ini, mantan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menggugat Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak. Sedangkan pada gugatan sebelumnya, Firli menggugat Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Karyoto. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement