Selasa 16 Jan 2024 18:49 WIB

Jokowi akan Groundbreaking Proyek di IKN Tiap Bulan

Jokowi diagendakan untuk mengunjungi IKN lagi pekan ini.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus raharjo
Presiden Jokowi saat meninjau progres pembangunan istana dan kantor presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (21/12/2023).
Foto: Dok. Kris - Biro Pers
Presiden Jokowi saat meninjau progres pembangunan istana dan kantor presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (21/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) setiap bulan. Menurut Ari, Jokowi ingin memastikan mulai dibangunnya berbagai proyek yang menjadi komitmen para investor.

"Setiap bulan nanti akan ada groundbreaking di IKN. Karena kita ingin memastikan apa yang terbangun itu akan menjadi komitmen daripada investor dan kemudian juga dari institusi pemerintah untuk segera membangun IKN terwujud dengan groundbreaking," ujar Ari di gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (16/1/2024).

Baca Juga

Ari mengatakan, dalam pekan ini, Jokowi pun juga diagendakan untuk mengunjungi IKN lagi. Jokowi akan melakukan groundbreaking berbagai proyek pemerintah dan swasta.

Pembangunan infrastruktur pendukung di IKN penting untuk terus dipantau, seperti bandara, jalan tol dari Balikpapan ke IKN, bendungan, berbagai fasilitas kesehatan, hingga fasilitas pendidikan.

"Jadi yang penting dari IKN itu adalah bahwa selain ada kantor atau istana presiden dan wakil presiden juga disiapkan infrastruktur yang mendukungnya," ujarnya.

Selain itu, pembangunan seluruh infrastruktur pendukung di IKN harus dipastikan, sehingga tercipta ekosistem yang mendukung para ASN saat akan pindah ke ibu kota baru.

"Jadi semua dipastikan ketika ini akan pindah ke IKN ekosistem yang mendukung untuk pemindahan itu tersedia," kata dia.

Selain melakukan groundbreaking proyek, Jokowi juga akan meninjau persiapan HUT RI yang akan diselenggarakan di IKN. "Ya tentu ini terus dilakukan ya setiap bulan untuk mengecek dan memastikan 17 Agustus 2024 kita melakukan upacara di IKN," ujar Ari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement