Rabu 10 Jan 2024 17:51 WIB

Operasi ke Kelompok Kriminal Politik Dikhawatirkan Berangus Ekspresi Politik Rakyat Papua

Di Papua banyak kelompok masyarakat sipil nonbersenjata.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Agus raharjo
Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia, Usman Hamid.
Foto:

Amnesty Indonesia, kata Usman meminta Polri menjelaskan klasifikasi, maupun identifikasi KKP yang dikenalkan sebagai target, ataupun fokus baru dalam Operasi Damai Cartenz tersebut. Usman juga meminta, agar Damai Cartenz, hanya tetap melakukan penindakan terkait dengan aksi-aksi yang masuk dalam ranah pidana murni.

“Sebaiknya Polri, tetap bekerja pada ranah tindak pidana murni. Sebab jika masuk ke ranah pidana politik, dapat membuat Polri kembali menjadi sorotan yang negatif,” ujar Usman.

Amnesty Indonesia, kata Usman, mendorong resolusi konflik keamanan di Papua tuntas melalui kebijakan-kebijakan dialog yang adil dengan menghadirkan pihak-pihak pemerintah dan keamanan, serta para kelompok prokemerdekaan.

“Saat ini, kita membutuhkan kebijakan-kebijakan dan pendekatan yang dapat bersama-sama menurunkan tingkat eskali konflik di Papua. Apalagi, mengingat telah banyak korban jatuh. Baik dari warga sipil, pihak keamanan, maupun pihak yang selama ini mengatasnamakan gerakan bersenjata prokemerdekaan Papua,” kata Usman.

Polri sejak 1 Januari 2024 memperpanjang Operasi Damai Cartenz di Papua sampai akhir Desember 2024. Operasi Damai Cartenz adalah kelanjutan dari Operasi Nemangkawi 2018 yang khusus menjadikan wilayah Papua sebagai operasi pemberangusan kelompok separatisme bersenjata Papua Merdeka.

Kepala Operasi Damai Cartenz, Komisaris Besar (Kombes) Faizal Ramadhani mengatakan, adanya perluasan lingkup operasi satuan tugas (satgas) yang dipimpinnya itu. Selama ini, Polri, melalui Satgas Damai Cartenz menjadikan kelompok separatisme bersenjata, atau istilah kepolisian sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sebagai target operasi.

Namun kelanjutan operasi tersebut, memperkenalkan Kelompok Kriminal Politik atau KKP sebagai fokus baru penanganan. Pun KKP disebut sebagai target, dan fokus baru kepolisian, selain KKB dalam operasi menjaga stabilitas keamanan di Bumi Cenderawasih itu.

“Operasi Damai Cartenz 2024 tetap memiliki fokus utama pada penegakan hukum terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata dan Kelompok Kriminal Politik (KKP) di Papua,” kata Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani dalam siaran pers yang diterima wartawan di Jakarta, pada Rabu (10/1/2024).

Kelompok sipil nonbersenjata...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement