Selasa 09 Jan 2024 16:44 WIB

31 Orang Terjebak Erupsi Gunung Lewotobi Berhasil Dievakuasi

Seluruh warga yang terjebak erupsi dalam keadaan sehat.

Gunung Lewotobi Laki-Laki mengeluarkan abu vulkanik terlihat di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, NTT.
Foto: ANTARA FOTO/Mega Tokan
Gunung Lewotobi Laki-Laki mengeluarkan abu vulkanik terlihat di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, NTT.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Tim SAR gabungan yang terdiri atas Polri dan Basarnas berhasil menyelamatkan 31 orang yang terjebak di Desa Waiula, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang merupakan daerah zona merah erupsi gunung Lewotobi Laki-Laki. "Korban terdiri atas 13 laki-laki, 12 perempuan dan enam anak," kata Wadanyon B Pelopor AKP Agustinus Silvester di Wulanggitang, Flores Timur, Selasa (9/1/2024).

Dia mengatakan bahwa proses evakuasi tersebut dilakukan setelah adanya permintaan dari Kepala Desa Waiula. Puluhan orang itu diketahui terjebak di sebuah lokasi bernama Lewoduleng, Dusun Watobuku, Desa Waiula, Kecamatan Wulanggitang. 

Baca Juga

"Mereka semua dalam keadaan sehat," ucapnya.

Dia menambahkan, proses evakuasi dilakukan, karena dari 30 pengungsi yang terjebak itu ada yang berusia 90 tahun, ada juga yang memiliki keterbatasan fisik. Dia menjelaskan bahwa dalam kondisi erupsi yang masih terjadi, instansi terkait, termasuk TNI-Polri, Basarnas, BPDB, dan pihak lainnya, terus berupaya mengurangi risiko bencana dengan berbagai upaya pembangunan fisik dan peningkatan kesadaran masyarakat.

"Korban yang telah dievakuasi ditempatkan di penampungan SD Wulanggitang," ujar dia.

Pusat data dan erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki mencatat jumlah pengungsi saat ini mencapai 4.788 orang. Mereka mengungsi di sejumlah titik di Kecamatan Wulanggitang, Kecamatan Tite Hena, dan Demon Pagong. Sementara itu, erupsi gunung Lewotobi masih terus terjadi. Pada pukul 16.00 WITA erupsi kembali terjadi. Arah sebaran abu vulkanik ke utara-timur laut.

Pihak pos pengamatan gunung api mengingatkan masyarakat untuk tidak lupa selalu menggunakan pelindung hidung, mulut dan mata apabila berkegiatan di luar rumah untuk menghindari efek abu vulkanik bagi kesehatan. Ia mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi banjir lahar dingin di sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung Lewotobi, karena potensi curah hujan yang cukup tinggi kemungkinan masih terjadi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement