Rabu 03 Jan 2024 12:41 WIB

Simulasi Pilpres 2024 di Solo, Hanya Ada Dua Kolom Paslon di Surat Suara

PDIP menilai simulasi pilpres yang digelar KPU Solo menyesatkan warga.

Rep: M Noor Alfian Choir/ Red: Andri Saubani
Warga memasukan surat suara ke kotak suara. (Ilustrasi)
Foto:

Soal tindakan lanjutan, ia mengaku baru melaporkan ke Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo. Nantinya laporan tersebut baru akan dikaji oleh DPC.

“Sudah laporan ke ketua DPC, terkait lain-lain dikaji DPC dan tim,” katanya. 

Kasno juga mengaku sempat melakukan simulasi kepada pemilih muda dan tua dengan surat suara dua kolom. Hasilnya baik orang tua dan muda kebingungan dan mempertanyakan surat suara tersebut. 

“Yang umur 68 tahun bertanya kok nggak ada foto rambut kecil. Saya sampaikan ini hanya contoh, dijawab lha ini yang nomor tiga mana. Saya coba tanya, mau coblos mana, dia menghitungnya kan 1-2-3. Nomor 3 ngga ada. Kalau ada nyoblosnya pinggir kanan,” katanya. 

“Yang anak muda juga sama, kalau dia sampaikan langsung, lho kok kolomnya hanya dua, kan calonnya ada tiga,” katanya menambahkan.

Sementara itu, Ketua KPU Solo Bambang Christanto mengatakan hanya mengunduh desain dari pranala yang telah disediakan KPU RI. “Jadi kita hanya melaksanakan apa yang sudah menjadi arahan dari pusat, tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang. Kita hanya menjalankan instruksi sesuai dengan edaran dari KPU RI,” katanya mengakhiri.

photo
MK Putuskan Pemilu Tetap dengan Sistem Proporsional Terbuka - (Infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement