Rabu 03 Jan 2024 11:00 WIB

Sebelum Meninggal, Rizal Ramli Diketahui Sakit Sejak November 2023

Sandiaga Uno menyebut biasanya almarhum Rizal Ramli rajin posting di grup WA.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus raharjo
Rizal Ramli
Foto: republika
Rizal Ramli

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengatakan Rizal Ramli, sudah terbaring sakit sejak November 2023. Karena itulah menurut Sandi yang menjadi penyebab Rizal tidak aktif lagi di depan publik.

 

Baca Juga

“Sejak November beliau berhenti. Biasanya rajin posting-posting di WA grup. Ternyata beliau sakit,” kata Sandi usai melayat ke rumah duka di Kawasan Bangka, Jakarta Selatan, Selasa (3/1/2024).

 

Diketahui Rizal Ramli merupakan tokoh yang vokal dalam berbicara politik dan ekonomi Indonesia. Namun, beberapa bulan terakhir Rizal jarang terdengar.

 

Sandi menyebut secara pribadi, dirinya mendapatkan banyak pelajaran hidup dan pelajaran di bidang ekonomi dari sosok Rizal Ramli. Mereka sama-sama di Asosiasi Pengusaha Indonesia untuk mendorong supaya pengusaha lokal terlibat mewujudkan pembangunan ekonomi dalam rangka menyongsong Indonesia emas.

Di mata Sandi, Rizal adalah sosok visioner dan berani tampil beda dengan prinsip kebenaran yang dia pegang. “Ini kehilangan besar bagi saya sendiri dan bangsa Indonesia,” ucap Sandi.

 

Sandi mengaku terakhir kali berkomunikasi dengan Rizal pada pertengahan 2023. Saat itu Sandi berbicara melalui chat WA dengan Rizal. Rizal memberikan semangat kepada Sandi yang pada pertengahan tahun transisi usai pindah dari Partai Gerindra ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

 

“Terakhir ngobrol saya bicata sama beliau itu di WA pertengahan tahun. Beliau berikan semangat saat saya lagi transisi dengan PPP. Namun setelah November itu beliau jarang lagi posting-posting. Beliau tak mau merepotkan jadi tak berikan kabar,” kata Sandi menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement