Senin 01 Jan 2024 15:55 WIB

Atraksi Drone Hingga Video Mapping Perayaan Tahun Baru di Jakarta Buat Kagum Pengunjung

Pengunjung yang bukan hanya dari Jakarta senang dengan kemeriahan tahun baru Jakarta.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Gita Amanda
Warga menyaksikan atraksi konfigurasi drone dan pesta kembang api saat pergantian tahun 2023 menuju 2024 di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (1/1/2024) dini hari. Dalam rangka menyambut perayaan Tahun Baru 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menghadirkan sejumlah atraksi di antaranya 3D video mapping, konfigurasi drone, water mist, Jakarnaval, serta belasan panggung hiburan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Warga menyaksikan atraksi konfigurasi drone dan pesta kembang api saat pergantian tahun 2023 menuju 2024 di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (1/1/2024) dini hari. Dalam rangka menyambut perayaan Tahun Baru 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menghadirkan sejumlah atraksi di antaranya 3D video mapping, konfigurasi drone, water mist, Jakarnaval, serta belasan panggung hiburan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perayaan malam Tahun Baru 2024 berlangsung meriah di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Pengunjung yang berasal bukan hanya dari Jakarta merasa kagum dan senang dengan acara-acara yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, seperti penampilan musik, atraksi drone hingga pertunjukan water mist.

Salah seorang warga bernama Rudi (28 tahun) yang hadir pada Ahad (31/12/2023) malam, turut menyaksikan dari dekat pertunjukan water mist. Dia melihat video berisi budaya-budaya Indonesia dan Jakarta, di ‘Malam Muda-Mudi’ itu. “Tadi ada iklannya juga di akhir,” kata pria asal Sumatera itu kepada Republika.

Baca Juga

Pertunjukan water mist menjadi daya tarik tersendiri pada malam pergantian tahun ini. Pertunjukan itu digelar setiap satu jam sekali dengan dimulai pada pukul 20.00 Wib hingga 23.00 Wib.

Selain pertunjukan water mist, ada pertunjukan lain yang tak kalah menarik perhatian masyarakat yang hadir di Budndaran HI. Seperti drone light show. Pertunjukan ini yang menjadi daya tarik tersendiri bagi warga masyarakat yang hadir di lokasi. Di mana, sebanyak 500 drone menyusun formasi menyerupai berbagai bentuk di udara.

Ratusan drone itu terbang ke atas di sekitar wilayah Bundaran HI. Semula berbentuk persegi panjang memanjang ke atas, drone-drone bercahaya itu kemudian bergerak membentuk burung beserta sayap dan sedikit bergerak maju ke depan dan mengepakan sayap. Tak lama berselang, drone tersebut berubah bentuk lagi menjadi Gatot Kaca.

photo
Pertunjukan atraksi konfigurasi drone saat pergantian tahun 2023 menuju 2024 di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (1/1/2024) dini hari. Warga menyaksikan pertunjukan karnaval saat gelaran Car Free Night di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Ahad (31/12/2023). Dalam rangka menyambut perayaan Tahun Baru 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menghadirkan sejumlah atraksi di antaranya 3D video mapping, konfigurasi drone, water mist, Jakarnaval, serta belasan panggung hiburan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. - (Republika/Thoudy Badai)

Setelah berganti bentuk beberapa kali, dengan menunjukkan sejumlah sponsor, tepat sebelum pukul 00.00 Wib drone tersebut membentuk lingkaran dengan angka hitung mundur di tengahnya. Ketika hitungan mencapai angka nol, di mana sudah memasuki tahun baru, tampak tulisan ‘Happy New Year 2024”. Kemudian aksi itu ditutup dengan membentuk tulisan “Sukses Jakarta Untuk Indonesia”. 

Di samping pertunjukan drone, digelar pula 3D projection mapping yang ditampilkan di gedung sekitar Bundaran HI. Dalam waktu beberapa menit ratusan ribu pasang mata warga yang hadir di sana dimanjakan dengan penampilan penuh cahaya dan warna di malam pergantian tahun baru 2024.

Sebelum puncak acara di Bundaran HI, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengawal parade nuansa budaya Jakarta Karnaval (Jakarnaval) dalam menyambut pergantian tahun. Dia berjalan bersama belasan mobil hias ke beberapa titik dari Monumen Nasional (Monas), Bundaran Senayan, hingga acara puncak di Bundaran HI.

"Kita buka parade karnaval ini. Kita nikmati, selamat menyambut tahun baru 2024. Sekoga Jakarta makin dicintai oleh warganya, makin mendapat kebaikan bagi warga Jakarta," kata Heru saat membuka dan mengizinkan para peserta parade. 

Heru mengikuti kemeriahan perayaan pergantian Tahun bersama warga Jakarta. Dirinya ikut berjalan kaki mengawal parade dari Monas menuju Bundaran HI sambil menyapa warga Jakarta yang menyambutnya.

Para warga terlihat antusias mengikuti parade yang terdiri dari merching band, 12 mobil hias, ondel-ondel hingga musik tradisinal Betawi di sepanjang jalan. Anak-anak sumringah menyapa tokoh-tokoh kartun yang menjadi ikon parade tersebut.

photo
Grup marching band menghibur warga saat karnaval dalam gelaran Car Free Night di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Ahad (31/12/2023). Dalam rangka menyambut perayaan Tahun Baru 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menghadirkan sejumlah atraksi di antaranya 3D video mapping, konfigurasi drone, water mist, Jakarnaval, serta belasan panggung hiburan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. - (Republika/Thoudy Badai)

Perayaan malam tahun baru yang digelar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu menarik banyak perhatiain warga masyarakat. Selain Rudi, ada Schatzy Suci Tsaqilla (16 tahun) dan Hafizah Sidazaki Ilmi (13 tahun) yang sangat tertarik dengan segala pertunjukkan yang disuguhkan pada malam pergantian tahun itu.

“Dari tadi sore udah jalan ke sini mau liat perayaan malam tahun baru. Udah setiap tahun sih, sekarang sama temen-temen ke sininya, ucap Schatzy saat ditemui di sekitar Halte Bundaran HI Astra.

Dia berangkat bersama Hafizah dan teman-teman lainnya dari Cikarang sekitar pukull 16.00 Wib. Meski perjalanan sempat terhenti karena hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya, dia tetap melanjutkan perjalanan hingga akhirnya menikmati semua pertunjukkan yang disuguhkan.

Ada juga seorang nenek asal Tangerang yang datang ke Bundaran Senayan bersama dengan anak, menantu, dan dua cucunya. Senyuman berulang kali terlihat di wajahnya ketika melihat pertunjukan water mist. Pertunjukan water mist menampilkan air mancur yang dipancurkan sedemikian rupa sehingga menyerupai kabut. Bagai layar, air mancur yang menjadi kabut itu disinari video budaya Indonesia dan Jakarta.

"Seneng banget liatnya. Ini pertama kali banget liat yang kaya gini. Tahun lalu juga pas Tahun Baru ke Bundaran HI, tapi nggak kaya begini,” ucap Radi (60 tahun) kepada Republika di sekitar Bundaran HI, Ahad (31/12/2023).

Tak hanya video mapping, aksi drone dan water mist, sebanyak 12 panggung juga hadir memeriahkan acara pergantian tahun di Jakarta. Berbagai genre musik dari pop hingga tradisional meramaikan panggung-panggung hiburan malam itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement