Senin 01 Jan 2024 06:23 WIB

'Kirana Jakarta' Hadirkan Video 3D Mapping Pertama di Indonesia

Kirana Jakarta memanjakan mata dan menghibur warga di malam pergantian tahun.

Rep: Fergi Nadira B/ Ronggo astungkoro/ Red: Gita Amanda
Petugas mengatur lalu lintas di dekat water screen perayaan malam tahun baru di Bundaran HI, Jakarta,
Foto: ANTARA FOTO
Petugas mengatur lalu lintas di dekat water screen perayaan malam tahun baru di Bundaran HI, Jakarta,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- City Vision bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menghadirkan malam tahun baru spektakuler di Bundaran HI, Jakarta pada Ahad (31/12/2023) lalu. Pertunjukan drone lampu, water mist, dan video mapping 3D pertama dan terbesar di Indonesia hadir di malam pergantian tahun. 

Bertajuk “Kirana Jakarta,” perayaan berkelas internasional ini menjadi acara yang dinantikan di momen perayaan tahun baru. "Kirana Jakarta" menyuguhkan perayaan malam tahun baru 2024 dengan perpaduan lanskap kota Jakarta yang dinamis, teknologi, dan seni. 

Baca Juga

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kadis Parekraf) DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan, acara malam itu disebut sebagai Malam Muda-Mudi Jakarta sepanjang jalan dari Monas hingga Senayan. Menurut dia Kirana Jakarta memanjakan mata dan menghibur warga di malam pergantian tahun.

"Momentum ini ditunggu-tunggu, kita berterima kasih juga kepada City Vision karena telah menggelar pertunjukkan lampu 3D pertama taraf internasional," ujar Dia.

Andhika mengatakan, perayaan puncak pergantian tahun diisi oleh para pengisi acara dari berbagai genre musik. Selain itu, pertunjukan trandisional yang khususnya menghadirkan trandisional Betawi juga turut hadir. Sementara itu Co-Founder and Co-CEO City Vision, Juliana Kumala, mengungkapkan Kirana Jakarta by City Vision menghadirkan sebuah pertunjukan teknologi yang spektakuler di tengah kota Jakarta. Dia menerangkan, ada penampilan drone light show atau sejumlah 500 drones, water mist show (4 water screens), dan 3D projection mapping yang memukau di The Plaza. 

"Kirana Jakarta by City Vision menjadi pesta kelas dunia bertema masa depan. Dengan kolaborasi bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, perayaan tahun baru di Jakarta diisi dengan beragam hiburan yang luar biasa," kata dia.

"Kami berharap pertunjukan ini tak hanya menerangi langit-langit kita di Jakarta tapi juga dunia karena turut disiarkam live," ujarnya.

photo
Warga memadati area gelaran Car Free Night di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Ahad (31/12/2023). Pemprov DKI Jakarta menggelar Car Free Night dalam rangka menyambut perayaan Tahun Baru 2024 di sepanjang jalan Thamrin-Sudirman. Gelaran tersebut diisi oleh sejumlah hiburan seperti atraksi air mancur, atraksi drone, panggung musik serta karnaval. - (Republika/Thoudy Badai)

Sejalan dengan itu, Head of Brand Marketing and Communication City Vision Ayu Paramita mengatakan, pertunjukan dimulai pada pukul 20.00 WIB. Pengunjung disuguhkan dengan penampilan water mist show yang memukau di Bundaran HI yang menampilkan elemen-elemen seperti sejarah Indonesia, keunikan kota Jakarta, dan water dance. 

"Setelah itu pada pukul 21.00 WIB, Kirana Jakarta by City Vision kembali diramaikan dengan pertunjukkan watermist show di Bundaran HI yang menampilkan elemen ikonik Indonesia mulai dari wayang, gatot kaca, hingga tema IKN Indonesia," tutur Ayu. 

Dia melanjutkan, tepat dua jam menjelang pergantian tahun, pengunjung kembali disuguhkan pertunjukkan yang lebih meriah dengan watermist show di Bundaran HI dan video mapping 3D show di The Plaza dengan tema Indonesia Sendratari dan transformasi kota Jakarta. Kemudian, tepat satu jam sebelum tengah malam di pukul 23.00 WIB, Kirana Jakarta by City Vision menampilkan watermist show di Bundaran HI dan video mapping 3D show di The Plaza dengan tema hutan Indonesia, Sendratari Jakarta, dan kaleidoskop.

"Kita bukan sekadar pertunjukan visual. Sebagai bukti media luar ruang itu terus berinovasi dan memadukan budaya. Kita ajak warga Jakarta menikmati momen yang tak terlupakan ini," ujarnya.

“Seneng banget liatnya. Ini pertama kali banget liat yang kaya gini. Tahun lalu juga pas Tahun Baru ke Bundaran HI, tapi nggak kaya begini,” ucap Radi (60 tahun) kepada Republika di sekitar Bundaran HI, Ahad (31/12/2023).

Warga terpukau

Seorang nenek asal Tangerang yang datang ke Bundaran Senayan bersama dengan anak, menantu, dan dua cucunya mengaku sangat senang. Pertunjukan water mist menampilkan air mancur yang dipancurkan sedemikian rupa sehingga menyerupai kabut. Bagai layar, air mancur yang menjadi kabut itu disinari video bertemakan Indonesia. 

“Keren seperti itu. Cucu-cucu saya juga seneng banget ngeliatinya. Pengalaman barulah ini buat mereka,” ujar Radi.

Warga lain, Rudi (28 tahun), juga turut menyaksikan dari dekat pertunjukan water mist. Dia melihat video berisi budaya-budaya Indonesia dan Jakarta, beserta sejumlah iklan sponsor kegiatan ‘Malam Muda-Mudi’ itu. Hal itu yang dia paling ingat dari pertunjukan water mist.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement