Sabtu 30 Dec 2023 16:00 WIB

Arus Lalu Lintas Mulai Lancar, Contraflow Tol Jakarta-Cikampek Ditutup

Dua jalur contraflow sebelumnya diberlakukan di KM 47 hingga KM 65 arah Cikampek.

Sejumlah kendaraan melintas menuju arah Jakarta saat pemberlakuan sistem contraflow di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat.
Foto: ANTARA/M Ibnu Chazar
Sejumlah kendaraan melintas menuju arah Jakarta saat pemberlakuan sistem contraflow di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Petugas menutup atau menghentikan penerapan contraflow di jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek pada Sabtu siang, seiring dengan mencairnya kepadatan arus lalu lintas. Ria Marlinda Paallo, VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, dalam keterangannya yang diterima di Cikampek, Kabupaten Karawang, Jabar, Sabtu (30/12/2023), mengatakan bahwa contraflow dihentikan setelah kondisi lalu lintas mulai ramai lancar di kedua arah.

Ia mengatakan, setelah sebelumnya diberlakukan dua lajur contraflow dari KM 47 sampai KM 65 arah Cikampek ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejak pukul 06.45 WIB, petugas kemudian menghentikan contraflow pada pukul 13.00 WIB. Penerapan dan penghentian itu, katanya, dilakukan atas diskresi pihak kepolisian.

Baca Juga

Sebelum dilakukan penutupan atau penghentian contraflow, petugas sempat melakukan pengurangan lajur contraflow, dari dua lajur menjadi satu contraflow dari KM 47 sampai KM 65 arah Cikampek ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 10.42 WIB.

Contraflow adalah sistem pengaturan lalu lintas yang dapat mengubah arah normal arus kendaraan di jalan tol. Sistem rekayasa lalu lintas ini mengharuskan pengendara melalui jalur berlawanan arah dan dilakukan atas diskresi pihak kepolisian.

 

Kebijakan ini menjadi salah satu cara petugas kepolisian dan pengelola jalan tol untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2024. Di antara tujuan contraflow ialah mengatasi kepadatan arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan parah. Setelah arus lalu lintas terpantau lancar maka contraflow dihentikan.

Ria Marlinda Paallo mengimbau agar pada momentum libur tahun baru ini, seluruh pengguna jalan memastikan kendaraannya dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di rest area. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement