Sabtu 30 Dec 2023 07:58 WIB

Wisata Off Road di Tengah Kota Tasikmalaya, Pilihan Destinasi Baru untuk Wisatawan

Wisatawan tak perlu pergi jauh-jauh ke hutan untuk menjajal berkendara off road.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Gita Amanda
Sejumlah kendaraan jip berjalan di Area Driving Golf Lanud Wiriadinata, Kota Tasikmalaya, Jumat (29/12/2023) sore. Pemkot Tasikmalaya membuka destinasi wisata off road di tengah kota.
Foto: Republika/Bayu Adji P.
Sejumlah kendaraan jip berjalan di Area Driving Golf Lanud Wiriadinata, Kota Tasikmalaya, Jumat (29/12/2023) sore. Pemkot Tasikmalaya membuka destinasi wisata off road di tengah kota.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya meresmikan destinasi wisata off road tengah kota di kompleks Pangkalan Udara (Lanud) Wiriadinata, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya, Jumat (29/12/2023). Destinasi wisata baru itu akan dibuka untuk masyarakat umum, termasuk wisatawan yang ingin menjajal sensasi berkendara off road. 

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya Deddy Mulyana mengatakan, destinasi wisata off road tengah kota itu dibuat untuk memberikan pilihan atraksi kepada masyarakat, khususnya wisatawan yang datang ke Tasikmalaya. Dengan wisata off road tengah kota, wisatawan tak perlu pergi jauh-jauh ke dalam hutan untuk menjajal berkendara off road

Baca Juga

"Jadi ini untuk pemicu saja. Kalau yang mau off road beneran, akan diarahkan ke wilayah Urug, yang treknya lebih menantang," kata dia, Jumat. 

photo
Sejumlah kendaraan jip berjalan di Area Driving Golf Lanud Wiriadinata, Kota Tasikmalaya, Jumat (29/12/2023) sore. Pemkot Tasikmalaya membuka destinasi wisata off road di tengah kota. - (Republika/Bayu Adji P.)

Destinasi wisata off road tengah kota itu nantinya akan dikelola oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kota Tasikmalaya. Masyarakat atau wisatawan yang hendak mencoba destinasi wisata itu dapat langsung datang ke area Driving Golf Lanud Wiriadinata. Pasalnya, destinasi wisata itu terbuka untuk umum. 

"Harga promo satu orang Rp 25 ribu untuk satu putaran berkendara off road di trek. Waktunya sekitar 30 menit," kata Deddy. 

Ketua IMI Kota Tasikmalaya Tantan Soniawan mengatakan, trek di destinasi wisata off road tengah kota itu cenderung fun. Namun, untuk para pemula, trek itu dinilai cukup menantang. "Panjang trek tujuh kilometer. Cukup menantang. Kalau untuk pemula, sudah luar biasa," kata dia.

Ia menyebutkan, selama promo, masyarakat yang hendak mencoba menjajal trek off road di tempat itu dikenakan biaya Rp 25 ribu per orang. Nantinya, masyarakat akan diajak berkeliling trek off road itu menggunakan kendaraan jip.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement