Ahad 24 Dec 2023 22:58 WIB

Kemacetan Libur Natal dan Tahun Baru di Jabar Dinilai Masih Bisa Teratasi

Volume kendaraan mengalami peningkatan dari Jakarta menuju kota di Jabar dan Jateng.

Kendaraan terjebak kemacetan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pemprov menilai kemacetan di Jabar masih bisa teratasi dengan baik.
Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Kendaraan terjebak kemacetan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pemprov menilai kemacetan di Jabar masih bisa teratasi dengan baik.

 

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat menilai kemacetan lalu lintas di periode libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 masih bisa teratasi dengan baik. Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin berdasarkan hasil dari pengamatannya di beberapa titik lalu lintas yakni Rest Area KM 57 tol Cikampek, Pertigaan Gadog, dan Jalur Puncak di Kabupaten Bogor.

Baca Juga

"Kami mengecek beberapa titik yang biasa terjadi kepadatan, ini kan memang ini momennya liburan akhir tahun. Memang kemacetan terjadi, tapi masih bisa teratasi dan relatif baik ya," kata Bey saat ditemui di Bandung, Ahad (24/12/2023) malam.

Dalam menghadapi momen liburan akhir tahun 2023, Bey mengimbau agar masyarakat mempersiapkan fisik dan kendaraannya serta mematuhi segala arahan petugas keamanan di lapangan demi keselamatan di perjalanan. "Kami minta agar masyarakat mematuhi aturan yang dikeluarkan oleh petugas dan juga menjaga kesehatan baik kesehatan fisik, keluarga, dan juga kendaraan yang digunakan. Kalau menggunakan sendiri agar dicek supaya dalam kondisi fit," ujarnya.

Dikabarkan, memasuki libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, arus lalu lintas di sejumlah daerah mulai padat, di mana volume kendaraan mengalami peningkatan dengan banyaknya kendaraan meninggalkan Jakarta menuju berbagai kota di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Kemacetan kendaraan menuju Jawa pun terjadi di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jawa Barat, pada Sabtu (23/12/2023) malam.

PT Jasa Marga telah mencatat sebanyak 860.106 kendaraan meninggalkan Jabotabek pada H-7 hingga H-3 Hari Raya Natal 2023, tepatnya pada 18-22 Desember 2023. Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, menyampaikan angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama.

"Dari GT Cikupa (menuju arah Merak), GT Ciawi (menuju arah Puncak) dan GT Cikampek Utama (menuju arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (menuju arah Bandung)," ungkap Lisye, Sabtu, (23/12/2023).

Suasana ramai juga dilaporkan terjadi di ruas Jalur Pantura By Pass Jalan Ahmad Yani, khususnya di depan Terminal Harjamukti, Kota Cirebon. Pada Sabtu (23/12/2023), iring-iringan sepeda motor, terutama yang berasal dari luar Cirebon, memadati arteri ini.

Banyak yang membawa barang bawaan seperti saat mudik Lebaran. Kendaraan dengan plat nomor dari luar Cirebon terus memadati ruas Pantura Bypass Ahmad Yani.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement