Kamis 21 Dec 2023 17:56 WIB

Putri Zulhas Buka Suara Soal Polemik Kelakar Shalat oleh Ayahnya yang Viral

Kelakar Zulhas tengah ramai dibahas di media sosial dan menjadi topik trending.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas). Zulhas saat ini tengah menjadi sorotan terkait kelakarnya soal tahiyat akhir shalat.
Foto:

Berbicara terpisah, Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko membela anggota Dewan Pengarah TKN, Zulhas yang sedang mendapat sorotan karena pidatonya mengaitkan bacaan dan gerakan shalat dengan isu politik Pilpres 2024.

Menurut Budiman, Zulhas dalam pidatonya tidak menjadikan bacaan "amin" dan gerakan telunjuk tahiyat akhir shalat sebagai candaan. Ketua Umum PAN itu hanya menyampaikan ulang bahwa ada orang lain yang membuat candaan tersebut.

"Sebenarnya Pak Zulhas tidak sedang mencandai, bercanda. Dia sedang menceritakan orang yang sedang bercanda. Dia sedang menceritakan, bukan sedang mencandai," kata Budiman kepada wartawan di Jakarta, dikutip Kamis (21/12/2023).

Mantan politikus PDIP itu menegaskan, candaan soal orang enggan membaca "amin" yang sama dengan sebutan pasangan Anies-Muhaimin (Amin) itu bukan berasal dari Zulhas. Karena itu, dia menilai tak ada yang masalah dengan pidato Zulhas tersebut.

Sebelumnya, sebuah potongan video Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menjadi sorotan di media sosial. Dalam video itu, Zulkifli menyampaikan ada pihak yang bahkan tidak menjawab 'aamiin' setelah imam membaca surat Al Fatihah dalam shalat.

Zulhas menyebut, hal itu dilakukan pihak tertentu karena terlalu mencintai Prabowo. Pidato Zulkifli itu disampaikan saat acara rakernas Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (19/12/2023).

"Saya keliling daerah, Pak Kiai. Sini aman sini, Jakarta nggak ada masalah, yang jauh-jauh ada lho yang berubah. Jadi kalau salat Maghrib baca Al Fatihah, 'waladholin... ' ada yang diam sekarang Pak, ada yang diam sekarang, ada Pak sekarang diam, banyak, saking cintanya sama Pak Prabowo itu," ucap Zulhas.

Zulhas kemudian ramai dibicarakan di media sosial. Bahkan kata kunci untuk pencarian “Zulhas” di X mencapai 29,4 ribu unggahan hingga Rabu sore.

photo
Empat Tantangan Partai Islam - (infografis republika)

 

Selain itu, Zulhas menyampaikan bahwa ada pihak yang juga mengubah gerakan shalat saat tahiyat akhir. "Itu kalau tahiyatul akhir Pak Kiai, kan gini Pak Kiai, tahiyatul akhir kan gini (menunjukan jari telunjuk), sekarang jadi gini pak, kayak gini (menunjukkan dua jari). Itu Pak teman-teman, saking ya Pak Kiai ya," ujar Zulhas.

 

---

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement