Rabu 20 Dec 2023 11:12 WIB

Bantuan Permodalan Bagi UMKM Milik Penyandang Disabilitas

Kurangi disparitas yang masih ada dalam akses dan dukungan bagi penyandang disabilita

Bank DKI memberikan bantuan tambahan modal pengembangan usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) milik penyandang disabilitas.
Foto: .
Bank DKI memberikan bantuan tambahan modal pengembangan usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) milik penyandang disabilitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank DKI memberikan bantuan tambahan modal pengembangan usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) milik penyandang disabilitas. Direktur Teknologi dan Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul wicaksono menyatakan inisiatif ini adalah bentuk kepedulian dan komitmen perseroan membangun masyarakat yang inklusif. 

"Kami percaya bahwa setiap individu, termasuk penyandang disabilitas, memiliki potensi dan hak untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi dan sosial. Oleh karena itu, Bank DKI berupaya untuk memberikan dukungan nyata agar mereka dapat meraih potensi maksimalnya," ujar Amirul.

Program bantuan usaha untuk UMKM Disabilitas yang digulirkan ini untuk memberikan peluang yang lebih luas bagi pelaku usaha dengan disabilitas untuk dapat berkembang dan bersaing di pasar. Bank DKI akan menyediakan berbagai fasilitas, termasuk akses permodalan yang lebih mudah dan dukungan konsultasi bisnis, untuk membantu UMKM disabilitas dalam mengoptimalkan potensinya.

Dukungan bagi penyandang disabilitas ini bagian dari perayaan puncak Hari Disabilitas Internasional (HDI) tingkat Provinsi DKI Jakarta, yang diselenggarakan di Dunia Fantasi, Ancol, Jakarta yang diikuti 1.500 penyandang disabilitas dan pendamping.

Pada kesempatan lain, Bank DKI juga menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) senilai seratus juta rupiah berupa alat. Bantuan meliputi kursi roda elektrik, tongkat netra, alat bantu dengar, kruk, hingga teleskop monocular, bagi penyandang disabilitas di Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Yayasan Berdaya Menembus Batas.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi berharap ragam dukungan perseroan terhadap penyandang disabilitas dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kehidupan penyandang disabilitas di Indonesia, khususnya Jakarta. Arie juga mengajak serta masyarakat, pelaku bisnis, dan pihak terkait lainnya untuk bersama-sama mendukung upaya penciptaan masyarakat yang adil, setara, dan inklusif.

"Melalui langkah-langkah ini, kami berharap dapat membuka peluang baru, meningkatkan kualitas hidup, dan mengurangi disparitas yang masih ada dalam akses dan dukungan bagi penyandang disabilitas," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement