Selasa 19 Dec 2023 21:27 WIB

Jalur Cinomati Bantul Bakal Dihapus dari Google Maps?

Dishub DIY usulkan penghapusan jalur Cinomati dari Google Maps.

Tanda rambu peringatan terpasang di Jalur Cinomati, Jalan Pleret-Pathuk, Bukit Cinomati, Yogyakarta, Jumat (15/12/2023). Pemerintah Kabupaten Bantul berupaya menghapus Jalur Cinomati atau jalan alternatif dari Pleret ke Gunungkidul dihapus dari Google Map. Hal ini untuk menghindari risiko pengunjung saat libur Nataru mendatang. Meskipun jalan ini bisa menghemat waktu, namun bagi pengunjung sangat membahayakan. Meskipun masih terdapat di Google Map, saat ini jalur Cinomati sudah ditandai sebagai jalan berbahaya.
Foto:

Meski rawan kecelakaan, lanjut Sumariyoto, Dishub DIY hanya dapat memberikan imbauan kepada wisatawan atau pengguna jalan untuk menghindari jalur itu. Terlebih, pihaknya tidak memiliki personel dengan jumlah memadai untuk ditempatkan di lokasi.

"Kami tidak berani menutup, kami hanya mengimbau saja. Sekarang kalau enggak ada petugas, kami bikin rambu larangan juga tidak dianggap," kata dia.

Keinginan mengupayakan penghapusan jalur Cinomati dari Google Maps disampaikan Bupati Bantul Abdul Halim Muslih sebagai salah satu opsi untuk mencegah potensi kecelakaan lalu lintas di kawasan itu saat masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Kasus kecelakaan tunggal menimpa kendaraan roda empat jenis Elf yang mengangkut 17 penumpang di Jalur Cinomati, Bantul pada Sabtu (9/12/2023) siang.

Dalam kejadian tersebut seorang penumpang tewas dan belasan korban lainnya mengalami luka-luka. Peristiwa itu bermula saat mobil jenis Elf melaju dari Dlingo dengan membawa 17 penumpang melewati Cinomati. Sampai tikungan curam, kendaraan tersebut mengalami rem blong. Kendaraan menjadi tidak terkendali dan terperosok masuk ke jurang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement