Selasa 19 Dec 2023 19:15 WIB

Jembatan Otista Diresmikan, Ketua DPRD Singgung Pelebaran Ruas Jalur SSA

Atang Trisnanto minta Pemkot Bogor mengatasi kemacetan di sepanjang SSA.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Jokowi saat meresmikan Jembatan Otista Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/12/2023).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Presiden Jokowi saat meresmikan Jembatan Otista Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Jembatan Otto Iskandar Dinata (Otista) di Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor akhirnya selesai direvitalisasi dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di samping itu, Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto, menilai, perlu ada lanjutan pelebaran empat titik ruas sistem satu arah (SSA) untuk mengurai kemacetan di pusat kota.

Hal itu setelah revitalisasi Jembatan Otista, diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (19/12/2023). Atang menyampaikan, revitalisasi Jembatan Otista merupakan satu langkah menuju penataan infrastruktur jalan yang mendukung Kota Bogor bebas macet di masa depan, dan konektivitas wilayah dengan pusat kota yang lebih efisien. 

Sehingga, menurut Atang, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor selanjutnya perlu menaruh konsentrasi untuk bagaimana membuat semua ruas jalan di sepanjang SSA tidak lagi ada simpul kemacetan. Meski begitu, ia bersyukur, Jembatan Otista sudah selesai dibangun.

"Apresiasi untuk seluruh pihak khususnya Pemkot dan Pemprov Jabar. Pelebaran Otista ini baru satu langkah menuju penataan infrastruktur jalan, PR selanjutnya adalah membereskan empat simpul lagi ruas jalan agar SSA benar-benar bebas macet dan siap dilalui moda transportasi baru," kata Atang di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/12/2023).

Ke depan, kata Atang, perlu ada perhitungan kembali lebar ruas jalan dan marka jalan yang tepat dan seimbang di sepanjang SSA. Sehingga empat titik penyumbatan lalu lintas lain di jalur tersebut, selain Jembatan Otista yang kini sudah dilebarkan, dapat diatasi. 

"Jadi kuncinya ke depan, konsentrasi pelebaran jalan dan jembatan di SSA masih ada, kita lanjutkan perjuangan pemerintah saat ini," ujar politikus PKS tersebut.

Presiden Jokowi meresmikan Jembatan Otto Iskandar Dinata (Otista), Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa. Proyek pelebaran jembatan itu untuk mengatasi permasalahan kemacetan akibat penyempitan jalan. 

"Jembatan ini, Jembatan Otista ini salah satu menjadi problem di Kota Bogor, karena setelah (jalanan) melebar, menyempit di jembatan ini," ucap Jokowi usai peresmian. 

Jokowi menilai Jembatan Otista yang dibangun dengan anggaran hampir Rp 50 miliar tersebut telah memiliki konstruksi yang lebih baik dibanding sebelumnya. "Sehingga kalau kita lihat sekarang saya kira lebih dari cukup," ucapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement