Rabu 13 Dec 2023 22:14 WIB

BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi Hingga 2 Meter di Perairan Sulut Hingga 15 Desember

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di Sulut hingga 15 Desember.

Gelombang tinggi (ilustrasi). BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi antara 1,25-2,5 meter di Sulut hingga 15 Desember.
Foto: ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/tom.
Gelombang tinggi (ilustrasi). BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi antara 1,25-2,5 meter di Sulut hingga 15 Desember.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta warga agar mewaspadai gelombang tinggi di perairan Sulawesi Utara (Sulut) dan sekitarnya hingga 15 Desember 2023. Gelombang tersebut diperkirakan akan memiliki tinggi lebih dari 1 meter.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi antara 1,25-2,5 meter," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Maritim Bitung Ricky D Aror di Manado, Rabu (13/12/2023).

Baca Juga

Pada periode tersebut, pola angin dominan bergerak dari barat laut-timur laut dengan kecepatan berkisar antara empat hingga 20 knot. Menurut dia, gelombang tinggi tersebut berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian timur, perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe, perairan Kabupaten Kepulauan Talaud, perairan Kabupaten Kepulauan Sitaro, perairan utara Bitung-Likupang, dan Laut Maluku bagian utara.

Dia berharap warga mewaspadai risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, seperti perahu nelayan memperhatikan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter. Kapal tongkang memperhatikan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.

Kapal feri memperhatikan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter, serta kapal ukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar memperhatikan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter. "Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di daerah area peringatan dini diharapkan mempertimbangkan kondisi tersebut," kata Ricky.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement