Rabu 13 Dec 2023 21:49 WIB

Resmikan Tiga Terminal, Jokowi: Penting untuk Tingkatkan Konektivitas

Jokowi mengatakan, pembangunan sarana transportasi ini sangat penting.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erdy Nasrul
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Foto: Dok. Muchlis Jr - Biro Pers
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Tingkir di Kota Salatiga, serta dua terminal lainnya yakni Terminal Paya Ilang Kabupaten Aceh Tengah dan Terminal Anak Air Kota Padang, Rabu (13/12/2023).

"Hari ini kita akan meresmikan 3 terminal angkutan darat. Yang pertama terminal tipe A Tingkir di Kota Salatiga, Jawa Tengah. Kemudian yang kedua Terminal Paya Ilang di Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi NAD. Dan yang ketiga Terminal Anak Air di Kota Padang, Provinsi Sumbar," ujar Jokowi saat peresmian di Salatiga, Jawa Tengah.

Baca Juga

Jokowi mengatakan, pembangunan sarana transportasi ini sangat penting untuk meningkatkan konektivitas antarkota dan antardaerah, mendukung mobilitas masyarakat, serta meningkatkan kenyamanan pengguna transportasi darat.

"Sarana dan prasarana transportasi semakin dirasakan pentingnya terutama saat terjadi lonjakan penumpang. Kalau pas gak banyak penumpangnya gak terasa, tapi begitu ada lonjakan penumpang akan terasa," kata Jokowi.

Ia mencontohkan, sarana transportasi ini sangat diperlukan ketika menghadapi musim liburan seperti saat libur hari raya ataupun tahun baru.

Jokowi menyampaikan, anggaran pembangunan Terminal Tingkir, Kota Salatiga sebesar Rp 34,8 miliar. Terminal ini akan melayani bus antarkota dalam provinsi (AKDP) dan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) sebanyak 235 bus per hari.

Sedangkan Terminal Paya Ilang di Kabupaten Aceh Tengah dibangun dengan anggaran Rp 22 miliar. Terminal ini juga akan melayani bus AKAP dan AKDP hingga 91 bus per hari.

Sementara Terminal Anak Air di Kota Padang dibangun dengan anggaran mencapai Rp 94,8 miliar, yang akan melayani 109 bus per hari.

Jokowi mengatakan, pembangunan ketiga terminal tersebut dilengkapi dengan fasilitas yang modern dan nyaman. Terminal tersebut, lanjutnya, juga akan menjadi pusat kegiatan UMKM, pusat perbelanjaan, dan pusat kegiatan sosial lainnya dan akan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya.

"Dengan mengucap bismillahirahmannirahim, dengan ini terminal tipe A Tingkir, Terminal Paya Ilang, dan Terminal Anak Air saya resmikan," ucap Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement