Selasa 12 Dec 2023 15:39 WIB

Ini Kondisi Terakhir Panca, Ayah yang Tega Bunuh Empat Anaknya di Jagakarsa

Polisi masih melakukan observasi terhadap kejiwaan tersangka.

Rep: Ali Mansur/ Red: Teguh Firmansyah
Tersangka pembunuhan 4 anaknya di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Panca Darmansyah
Foto: Tangkapan layar dari Facebook Panca Darmansya
Tersangka pembunuhan 4 anaknya di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Panca Darmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Panca Darmansyah (41 tahun) tersangka kasus pembunuhan terhadap empat anak kandung di Jagakarsa, Jakarta Selatan, masih dalam perawatan medis di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Kemudian Panca juga masih dalam tahap pemeriksaan visum psikiatri oleh tim psikiater. Panca diduga membunuh keempat anaknya berinsial VA (6 tahun), SP (4 tahun), AR (3 tahun), dan AS (1 tahun) secara bergiliran.

Baca Juga

“Pertama urusannya kemanusiaan dulu. Saat itu kami temukan dalam kondisi shock. Dengan kondisi kesadaran yang menurun dan sebagainya, itu sudah diperbaiki. Dari penyidik minta adanya visum psikiatrikum, psikiater diberikan waktu 14 hari untuk observasi,” ujar Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Polri Kramat Jati Brigjen Hariyanto, Selasa (12/12/2023).

Kemudian terkait pemeriksaan awal terhadap tersangka Panca oleh penyidik dilakukan secara bertahap. Hariyanto mengatakan, ketika pemeriksaan berlangsung yang bersangkutan disampingi oleh petugas medis dari pihak rumah sakit. Karena itu, sampai dengan saat ini kejiwaan dari tersangka masih diobservasi.

“Itu pun didampingi staf medis kami supaya gak terjadi sesuatu. Harapannya penyidik kan bisa dimintai keterangan,” kata Hariyanto.

KDRT 

Panca Darmansyah pernah dilaporkan di Polsek Jagakarsa atas kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap istrinya berinsial D. Namun, Panca belum sempat menghadiri panggilan polisi karena alasan sedang menjaga keempat anaknya.

"Saat akan melakukan pemeriksaan, Saudara P menyampaikan masih menunggu anak-anaknya karena ibunya masih di RS," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Polisi Ade Ary Syam Indradi, kepada awak media, Kamis (7/12/2023). 

Ary melanjutkan, saat ini kondisi istri masih dirawat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Diduga D dirawat di rumah sakit akibat tindak kekerasan yang dilakukan oleh Panca dan pihak kepolisian pun sudah menerima hasil visumnya. Namun, Ady tidak belum membeberkan kronologi peristiwa KDRT tersebut.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak empat bocah dilaporkan tewas dalam satu kamar di salah satu rumah kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (6/12/2023). Keempat anak-anak itu kehilangan nyawanya akibat dikunci oleh Panca di dalam kamar mandi. Kemudian ayah dari empat korban pun berniat mengakhiri hidupnya sendiri.

“Untuk orang tuanya sendiri, orang tuanya yang diduga sebagai pelaku mencoba untuk bunuh diri,” kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Bintoro. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement