Senin 11 Dec 2023 02:28 WIB

Empat Partai Pengusung Prabowo Beri Rekomendasi Khofifah Maju Pilgub 2024

PAN dan Gerindra sudah resmi dukunga Khofifah, Demokrat dan Golkar baru verbal.

Rep: Dadang Kurnia/Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Ketua DPP Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo memberi surat rekomendasi kepada Khofifah Indar Parawansa untuk maju Pilgub Jatim 2024 di Hotel Double Tree, Kota Surabaya, Ahad (10/12/2023).
Foto:

Sementara itu, Khofifah terkesan malu-malu untuk mengakui dirinya mendukung Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024. Khofifah bahkan belum bersedia mengungkapkan, apakah nantinya akan masuk tim pemenangan Prabowo-Gibran atau tidak.

Khofifah meminta semua pihak menunggu hingga Januari 2024, atau setelah jabatannya sebagai gubernur Jatim resmi berkahir. Tepatnya pada 31 Desember 2023. Namun demikian, Khofifah tidak memungkiri partai yang memberinya rekomendasi, merupakan pengusung pasangan Prabowo-Gibran.

"Resminya itu (apakah Khofifah masuk tim pemenangan Prabowo-Gibran atau tidak) nanti Januari. Nanti kawan-kawan bisa melihat trennya. Bahwa partai-partai pengusung ini kebetulan afiliasinya di (paslon nomor urut) 02," ujar ketua umum PP Muslimat NU tersebut.

Sebelumnya, Ketua Majelis Tinggi Demokrat SBY menyampaikan, partai bintang mercy memastikan mengusung Khofifah pada Pilgub Jatim 2024. Bahkan, SBY ingin Demokrat yang memiliki 14 kursi di DPRD Jatim bisa mewujudkan duet Khofifah-Emil Elistianto Dardak maju periode kedua.

Adapun Emil merupakan wagub Jatim sekaligus ketua Demokrat Jatim. Saat Pilgub Jatim 2018, pasangan Khofifah-Emil mengalahkan pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. Duet Khofifah-Emil meraih 10,46 juta suara (53,55 persen) dan Syaifullah-Puti 9,07 juta suara (46,45 juta).

Dikonfirmasi terkait pernyataan SBY, Khofifah pun senang. "Terima kasih Pak SBY dan Demokrat yang sudah menyampaikan dukungan untuk berangkat di pilgub (pemilihan gubernur) di periode kedua nanti," kata Khofifah saat ditemui di Pondok Pesantren Annur 2, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (9/12/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement