Jumat 10 May 2024 15:22 WIB

Khofifah Harap Gerindra, Golkar, PAN Setujui Duetnya dengan Emil di Pilgub Jatim

Baru Demokrat yang memberikan rekomendasi pasangan Khofifah-Emil untuk Pilgub Jatim.

Rep: Febryan A / Red: Andri Saubani
Ketua Umum  PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa.
Foto: ANTARA/Abdul Fatah
Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Jawa Timur periode 2019–2024, Khofifah Indar Parawansa ingin kembali berpasangan dengan Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2019–2024, Emil Dardak dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024. Dia berharap, partai-partai pengusung menyetujui duet Khofifah-Emil.

Khofifah menjelaskan, dirinya sudah mendapatkan rekomendasi untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) dari empat partai politik, yakni Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Golkar, dan PAN. Namun, baru Partai Demokrat yang memberikan rekomendasi atau siap mengusung satu paket pasangan Khofifah-Emil. 

Baca Juga

"Mudah-mudahan ini (paket duet Khofifah-Emil) disepakati oleh partai pengusung.  Sinyal dari PAN (sudah ada), kemudian kami berharap nanti Golkar dan Gerindra sama," kata Khofifah kepada wartawan saat menghadiri acara Bimtek dan Rakornas Pemenangan Pilkada 2024 PAN di Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2024).

Khofifah menjelaskan, dirinya ingin kembali berpasangan dengan Emil karena duet mereka selama lima tahun terakhir memimpin Jawa Timur (Jatim) berjalan harmonis. Khofifah mengaku nyaman dan produktif selama bertugas bersama Emil.

"Saya merasa nyaman dan produktif bersama Mas Emil. Nyaman itu penting bagi partnership antara kepala daerah dan wakil kepala daerah. Produktif jauh lebih penting lagi," ujarnya.

Menurut dia, apabila duet Khofifah-Emil kembali memimpin Jatim, maka semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat. "Insya Allah kalau kami dapat mandat periode kedua insya Allah bisa lebih mudah kami lakukan pola-pola akseleratif," ujar juru kampanye nasional TKN Prabowo-Gibran itu.

Sebelumnya, Emil mengaku yakin bahwa partai-partai pengusung Khofifah akan menyetujui paket duet Khofifah-Emil. Emil mengatakan, dirinya dan Partai Demokrat sudah mulai melakukan komunikasi politik dengan pengurus Partai Gerindra, Partai Golkar dan PAN.

"Kami cukup optimis bahwa akan ada titik temu untuk kemungkinan pasangan Khofifah-Emil bisa dilanjutkan," kata juru bicara Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024 itu.

Sebagai gambaran, empat partai pengusung Khofifah, yakni Demokrat, Gerindra, Golkar, dan PAN, merupakan anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pilpres 2024. Koalisi tersebut mengusung pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran.

 

 

photo
Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement