Sabtu 09 Dec 2023 19:46 WIB

Jambore UMKM Kalteng 2023 Resmi Dibuka, Diikuti 5.000 Pelaku Usaha

Jambore UMKM 2023 Kalteng dorong pelaku usaha miliki daya saing global.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo membuka secara resmi Jambore UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Wilayah Timur Kalteng 2023.
Foto: Dok. Pemprov Kalteng
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo membuka secara resmi Jambore UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Wilayah Timur Kalteng 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, BUNTOK -- Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo membuka secara resmi Jambore UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Wilayah Timur Kalteng 2023, di GPU Jaro Pirarahan, Kabupaten Barito Selatan, Sabtu (9/12/2023). Edy mengatakan bahwa Jambore UMKM ini merupakan salah satu upaya Pemprov Kalteng untuk mempertemukan antar pelaku usaha, pembina, lembaga keuangan, praktisi, dan stakeholders lainnya, untuk meningkatkan daya saing produk UMKM, dan mengembangkan sistem jaringan usaha bagi produk UMKM unggulan melalui fasilitas kemitraan agar pemasarannya makin luas.

“Pemberdayaan sebanyak 121.458 UMKM di Provinsi Kalimantan Tengah, tentunya memerlukan kontribusi sinergis dari berbagai lembaga, seperti BUMN, perbankan, biro/agen jasa, dan lain-lain,” katanya, dalam keterangan tertulis, sabtu (9/12/2023).

Baca Juga

Sinergi antar lembaga ini, diharapkan akan menuntun pemberdayaan UMKM, untuk membawa kebermanfaatan yang lebih luas dan memberikan multiplier effect untuk mendukung UMKM naik kelas dan go digital. Dengan terselenggaranya kegiatan ini kita harapkan dapat membantu para pelaku UMKM. Bukan hanya sebagai upaya promosi saja, namun juga memperluas kemitraan jaringan usaha.

“Saya berharap, ke depan UMKM dengan berbagai produk unggulannya dapat semakin berkontribusi positif dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan, khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah. Dibarengi kerja sama dan sinergi lintas sektor, ekonomi daerah akan terus menguat dan masyarakat makin sejahtera, sehingga kita mampu membangun masyarakat yang Maju, Mandiri dan Adil menuju Kalteng Makin BERKAH,” kata Edy.

 

Pj Bupati Barito Selatan Deddy Winarwan mengatakan, keseluruhan UMKM ini bergerak di berbagai sektor yang menunjang perekonomian masyarakat. Selain pemberdayaan UMKM, Pemkab Barsel juga memberdayakan sektor-sektor yang menjadi potensi di Kabupaten Barito Selatan salah satunya sektor pertanian.

“Selain kita memberdayakan sektor perekonomian, UMKM, kita juga sudah meningkatkan kapasitas SDM di Barito Selatan,” katanya.

Kegiatan Jambore UMKM kali ini mengusung tema besar, yakni 'UMKM Bersatu, Berkembang, Berjaya Menuju UMKM Naik Kelas dan Go Digital'. Sesuai dengan tema tersebut, Jambore UMKM diselenggarakan dengan tujuan, antara lain menjembatani keterhubungan antara UMKM dalam berbagai bidang dengan pelaku usaha untuk kerja sama atau kemitraan, meningkatkan wawasan, pengalaman, dan kapasitas SDM pelaku UMKM, agar mampu mengembangkan kegiatan usahanya dan menciptakan produk berdaya saing  global.

Kegiatan Jambore UMKM Wilayah Timur Tahun 2023 diikuti peserta sekitar 5.000 orang Pelaku UMKM. 

photo
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo meninjau pasar penyeimbang yang digelar di Taman Rusa, Kabupaten Barito Selatan. - (Dok. Pemprov Kalteng)

 

Edy juga membuka secara resmi sekaligus meninjau pasar penyeimbang yang digelar di Taman Rusa, Kabupaten Barito Selatan. Pada Pasar Penyeimbang di Kabupaten Barito Selatan ini disediakan 3000 paket. 

Paket sembako yang diberikan senilai Rp. 200 ribu berisikan beras 5 Kg, gula pasir 2 Kg, minyak goreng 2 liter, susu 2 kaleng, teh 1 kotak dan kopi 1 bungkus. Harga tersebut di subsidi oleh Pemprov Kalteng senilai Rp. 150 ribu sehingga masyarakat hanya menebus sembako dengan harga Rp. 50 ribu rupiah. 

Edy menyampaikan agar pasar penyeimbang ini digelar sebagai instrumen mengendalikan laju inflasi.

“Ini merupakan bagian dari program untuk mendorong meringankan beban masyarakat karena ini merupakan bagian dari penanganan inflasi kita. Pasar penyeimbang ini sebagai salah satu bentuk instrumen saja, masih banyak lagi kegiatan lain yang bisa dilakukan Pemrov Kalteng dan kabupaten/ kota,” katanya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement