Selasa 05 Dec 2023 15:55 WIB

Angkat Pariwisata, Penerbangan Alternatif ke Kota Sorong Papua Barat Daya Tuai Dukungan

Raja Ampat jadi destinasi wisata di sana.

Suasana telaga Love Kecil di geosite Dafalen Misol Selatan Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat,.
Foto: Antara/Olha Mulalinda
Suasana telaga Love Kecil di geosite Dafalen Misol Selatan Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat,.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Papua Barat Daya mempunyai banyak destinasi wisata favorit bagi para traveler lokal maupun mancanegara. Keindahan alamnya yang memukau membuat tak sedikit orang ingin menikmati waktu liburnya di beberapa tempat wisata populer dan favorit di provinsi ini termasuk di kota Sorong sendiri.

Raja Ampat di antara destinasi wisata favorit yang banyak dikunjungi wisatawan setiap musim libur. Orang-orang dari berbagai wilayah Indonesia berbondong-bondong pergi ke Raja Ampat pada libur Natal dan Tahun Baru hanya untuk menikmati keindahan alam di tempat ini.

Baca Juga

Raja Ampat menawarkan perairan indah bagi pecinta diving dan snorkeling. Bahkan perairan Raja Ampat diklaim sebagai destinasi diving terbaik di dunia. Di perairan terdapat ribuan spesies ikan, terumbu karang dan moluska.

Di samping itu, beragam biota laut dapat memanjakan mata ketika menyelam. Di antara spot terbaik untuk menyelam adalah di Kabui Passage.

 

Destinasi favorit lainnya Papua Barat adalah wisatawan dapat menyaksikan panorama pulau-pulau batu di tengah gradasi air biru. Pemandangan ini dapat disaksikan dari atas bukit. Pemandangan ini sudah menjadi ikon dari pariwisata Raja Ampat.

Menurut data Dinas Pariwisata Raja Ampat, geliat wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat mulai tumbuh sejak pemerintah merencanakan menguba status pandemi Covid-19 ke endemi. Per Juli 2023, angka wisatawan ke Raja Ampat mencapai 12.048 ribu orang. Angka tersebut jauh meningkat dibandingkan antara tahun 2020 hingga 2022 yang hanya sampai lima ribuan wisatawan.

Kembali meningkatnya angka wisatawan ke Raja Ampat maka kebutuhan transportasi sangatlah penting. Pasalnya, ketersediaan transportasi akan mendukung meningkatnya angka kunjungan wisatawan yang nantinya akan memberikan dampak terhadap perekonomian masyarakat.

Hadirnya penerbangan langsung Pelita Air dari Jakarta ke Sorong mulai 6 Desember 2023 diharapkan dapat membantu meningkatkan pariwisata Papu Barat dan ekonomi. Dijadwalkan penerbangan langsung dari Jakarta ke Sorong setiap hari. Pun sebaliknya dari Sorong ke Jakarta.

Hadirnya Pelita Air disambut antusias oleh para pelaku wisata di Papua Barat. Mereka meyakini dapat menumbuhkan angka kunjungan wisatawan dan akan memberikan dampak ekonomi.

Pemilik Dive Trips Indonesia Aiman senang dengan kehadiran Pelita Air yang memberikan rute langsung Jakarta-Sorong. Menurut Aiman itu akan berdampak bagus ke sektor pariwisata Kota Sorong. Ia menegaskan pastinya banyaknya alternatif maskapai akan meningkatkan jumlah wisatawan.

"Harapannya kalau bisa harganya 1 jutaan pak, baru bisa genjot jumlah kunjungan wisatawan dan bisnis lainnya," kata Aiman, Selasa (5/12/2923). 

Pemilik Misooltrip Wenny juga menyambut baik hadirnya Pelita Air di Sorong. Ia menilai seharusnya jumlah kunjungan meningkat dengan bertambahnya maskapai yang melakukan penerbangan rutenya ke Sorong. "Orang-orang jadi pengen liburan ke Raja Ampat," ujar Wenny.

Adapun sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua Barat merevisi masterplan (rencana induk) pembangunan sektor pariwisata terintegrasi di seluruh wilayah tersebut.

 

"Masterplan pariwisata diakomodasi melalui revisi rencana induk pembangunan daerah dan rencana induk pengembangan pariwisata Papua Barat secara menyeluruh. Dan saat ini dalam tahapan konsultasi publik," kata Sekretaris Daerah Papua Barat, Dance Sangkek di Manokwari, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement