Senin 27 Nov 2023 18:37 WIB

Polda Sumut Tangkap Lukman Dolok Saribu, Penyeru Pembunuhan Terhadap Umat Islam

Lukman Dolok Saribu ditangkap dan ditetapkan tersangka kasus penodaan agama.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
Ilustrasi Penistaan Agama Melalui Media Sosial
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi Penistaan Agama Melalui Media Sosial

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN — Polri cepat mengantisipasi tindakan main hakim sendiri kelompok masyarakat Muslim terhadap terduga pelaku penista agama Islam dengan menangkap Lukman Dolok Saribu, pada Senin (27/11/2023). Polda Sumatra Utara (Sumut) menangkap Lukman Dolok Saribu terkait dengan ujaran kebencian, dan penistaan agama, serta seruan membunuh masyarakat Islam di Indonesia, pun yang berada di Palestina. 

Kapolda Sumut Inspektur Jenderal (Irjen) Agung Setya Imam Effendi mengatakan, Lukman Dolok Saribu ditangkap di tempat tinggalnya di Lumban Nabolon, di Desa Dolok Saribu, Kecamatan Uluan, di Kabupaten Toba. “Polda Sumut mengambil alih penidikan kasus ujaran kebencian terhadap agama Islam tersebut. Dan status terhadap LDS (Lukman Dolok Saribu) sudah menjadi tersangka dan dilakukan penahanan,” kata Irjen Agung Setya dalam siaran pers yang diterima wartawan di Jakarta, Senin (27/11/2023).

Baca Juga

Ujaran kebencian yang dilakukan Lukman Dolok Saribu itu, muncul di media sosial (medsos) snack video. Dalam video berdurasi kurang lebih 1 menit 43 detik itu, Lukman Dolok Saribu menyampaikan rasa permusuhannya dengan masyarakat Islam di Indonesia terkait dengan situasi perang Zionis Israel di Gaza-Palestina.

Laki-laki berusia 57 tahun itu dalam video tersebut meminta agar militer Zionis Israel membombardir Rumah Sakit (RS) Indonesia di Gaza. Ia bahkan menyerukan agar tentara Zionis Israel membunuh semua warga Palestina, termasuk orang-orang Indonesia yang ada membantu RS Indonesia di Gaza

 

“Habisi saja itu Rumah Sakit Indonesia. Hai kaum Palestina, lebih kau mati bunuh diri dari pada Israel bunuh kamu,” ujar Lukman Dolok Saribu dalam unggahan video tersebut.

“Habisi itu Muslim semua. Hai kaum Israel, bantai semua itu orang-orang Palestina, termasuk orang Indonesia yang ada di sana. Bunuh semua,” kata Lukman Dolok Saribu.

photo
Boikot produk Israel dan pro-Israel - (DBS)

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement