Senin 20 Nov 2023 20:14 WIB

Seminar Anies di UGM Dibatalkan, Wapres Ingatkan Perguruan Tinggi Netral

Wapres meminta perguruan tinggi tidak ikut dalam pusaran politik di Pilpres 2024.

Rep: Fauziah Mursid, Febrianto Adi Saputro/ Red: Andri Saubani
Wakil Presiden KH Maruf Amin dalam keterangan persnya di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (20/11/2023).
Foto:

Sebelumnya beredar tangkapan layar dalam sebuah akun X @UGM_FESS berisi percakapan antara panitia dengan pihak yang diduga rektorat. Isi pesan tersebut menyatakan bahwa pihak rektorat akan membatalkan seminar tersebut jika dihadiri Anies.

"Mas.. benar ini Anies Baswedan akan datang.. jika datang sesuai anjuran perintah dari Rektor UGM. Terpaksa Seminar harus dibatalkan," bunyi pesan dalam percakapan tersebut. 

Batal hadirnya Anies diisukan karena ada intervensi dari pihak Rektorat UGM. Namun, pihak UGM membantah hal tersebut. Koordinator bidang Hubungan Masyarakat Sekretariat UGM Dina Kariodimedjo mengatakan kegiatan tersebut bukanlah acara UGM.

"Acara tersebut bukan acara UGM dan MM hanya dipinjam tempatnya," kata Dina.

Sekretaris UGM Andi Sandi menegaskan, UGM tak pernah melarang capres manapun untuk datang ke kampus. Hanya saja, Andi mengatakan UGM sudah memiliki aturannya sendiri dalam mengundang capres-cawapres ke kampus. 

"Iya kalau scoop-nya kampanye kita ada SOP yang kami tetapkan pascakeluarnya putusan MK itu," kata Andi kepada Republika, Ahad (19/11/2023).

Andi mencontohkan, jika ada fakultas ingin mengundang salah satu capres, maka seluruh kandidat capres lainnya juga harus diundang. Menurutnya hal tersebut untuk mengedepankan prinsip keadilan.

"Umpamanya sekarang ada yang salah satu unsur fakultas atau sekolah atau pimpinan universitas ingin mengundang Pak Prabowo, nah tiga-tiga-tiganya harus kita undang. Perkara nanti umpamanya Mas Anies, atau Mas Ganjar enggak bisa datang itu urusan lain, tetapi kami harus berlaku adil. Jadi memang kami bahkan yang pertama yang punya SOP itu," ucapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement