Senin 20 Nov 2023 16:39 WIB

Shinta Yosefina Dilantik Jadi Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Gantikan Anthony

Anthony Winza Probowo mundur dari DPRD DKI karena diterima di Universitas Harvard.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Shinta Yosefina.
Foto: Republika.co.id/Haura Hafidzah
Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Shinta Yosefina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Anthony Winza Probowo resmi diberhentikan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta. Pemberhentian itu disampaikan dalam Rapat Paripurna Penggantian Antar-Waktu (PAW) Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (20/11/2023).

"Berdasarkan surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1-6080/2023, meresmikan pemberhentian dengan hormat saudara Anthony Winza Probowo dari kedudukannya sebagai anggota DPRD DKI Jakarta masa jabatan 2019-2024," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Khoirudin dalam rapat paripurna, Senin.

Dalam rapat tersebut, Khoirudin menjelaskan, posisi Anthony digantikan oleh Shinta Yosefina untuk sisa masa jabatan 2019-2024. Rapat kemudian berlanjut ke prosesi pelantikan Shinta dengan pembacaan sumpah dan janji sebagai anggota DPRD DKI Jakarta.

Sebelumnya, Ketua DPW PSI DKI Jakarta Elva Farhi Qolbina menjelaskan, Anthony Winza mengundurkan diri sebagai anggota DPRD DKI Jakarta karena akan melanjutkan studi Master Public Administration (MPA) di Universitas Harvard, Amerika Serikat. PSI DKI pun mencarikan pengganti Anthony.

"Anthony mendapatkan kesempatan emas diterima dan belajar di salah satu kampus terbaik di dunia, tentu PSI mendukung Bro Anthony untuk upgrade diri agar ketika kembali nanti bisa semakin kompeten dan kritis. PSI Jakarta full support Anthony," kata Elva di Jakarta pada Selasa (25/7/2023).

Menurut dia, di DPRD DKI tidak ada sistem unpaid leave atau cuti tidak dibayar. Hal itu membuat Anthony tidak mau mengambil gaji dan seluruh tunjangan anggota dewan selama masa studinya. Sehingga, Anthony memilih mengundurkan diri sebagai anggota DPRD DKI.

"Selama Anthony kuliah tentu akan ada penggantinya yang tidak kalah profilnya. Bocoran sedikit, perempuan yang nanti akan naik menggantikan kerja-kerja baik Anthony ditunggu, ya," ujar Elva.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement