Kamis 22 Jun 2023 14:12 WIB

Berhasil di Solo Jadi Alasan PSI Usung Gibran Maju Pilgub DKI

DPW PSI DKI bakal mengumumkan tiga calon gubernur pilihan yang maju pada 2024.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Erik Purnama Putra
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka bakal diusung PSI untuk maju Pilgub DKI 2024.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka bakal diusung PSI untuk maju Pilgub DKI 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia (DPW PSI) Jakarta bakal mengumumkan tiga nama teratas yang akan mereka usung sebagai calon gubernur (cagub) DKI pada 2024. Termasuk, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai salah satu kandidat kuat yang diusung PSI.

Ketua DPW PSI DKI Jakarta, Elva Farhi Qolbina mengatakan, pihaknya berencana menggelar konferensi pers terkait pengumuman itu pada Jumat (23/6/2023). Dalam agenda tersebut, akan diumumkan tiga nama teratas sebagai cagub DKI versi PSI.

"Hasil rembuk rakyat yang dilakukan PSI Jakarta akan kami umumkan besok ya," kata Elva kepada Republika.co.id di Jakarta, Kamis (22/6/2023).

Baca: PSI Segera Umumkan Tiga Nama Cagub DKI 2024, Gibran Tertinggi

Atas dasar itu, ia mempersilakan bagi siapa pun yang ingin mengetahui alasan PSI DKI mengusung Gibran untuk datang ke kantor DPW PSI. Termasuk, dua nama lain yang masuk sebagai kandidat cagub DKI Jakarta yang akan mereka usung nanti. "Kami akan preskon besok," ujar Elva.

Manuver PSI itu merupakan kedua kalinya mengusung putra Presiden Joko Widodo untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024. Sebelumnya, DPD PSI Kota Depok memutuskan untuk mengusung Kaesang Pangarep maju pada ajang Pilwalkot 2024.

Gibran merupakan pengusaha yang belakangan terjun ke politik. Walau sempat menolak dinasti politik, Gibran maju dalam Pilwalkot 2020 dengan mendaftarkan diri dari PDIP dan baru menjabat sejak 2021 lalu.

Kabar Gibran masuk bursa DKI 1 yang akan diusung PSI berawal dari anggota Fraksi PSI DPRD DKI, William Aditya. William menuturkan, Gibran salah satu figur yang mendapat suara tertinggi di Rembuk Rakyat yang digelar PSI. "Sosok pemuda yang berhasil memimpin Kota Solo sangat layak untuk naik level menjadi gubernur," kata William.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement