Kamis 16 Nov 2023 17:30 WIB

Komunitas Seniman dan Dinasti Nusantara Dorong Ganjar Bangkitkan Budaya

Pertemuan tersebut menjadi momentum yang tepat untuk membangkitkan budaya.

Acara silahturahmi Dinasti Nusantara di Hotel Merdeka, Kediri, Jawa Timur.
Foto: Dok. Web
Acara silahturahmi Dinasti Nusantara di Hotel Merdeka, Kediri, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Korwil Dinasti Jawa Timur KRNgt Kusuma Ningrum menyambut baik kedatangan dari pemangku adat, tokoh masyarakat, pelaku seni dan budayawan dalam acara silahturahmi Dinas Nusantara Jawa Timur. Menurut dia, pertemuan tersebut menjadi momentum yang tepat untuk membangkitkan budaya Indonesia. Terlebih, saat ini Indonesia butuh pemimpin yang peduli dengan kondisi budaya yang hampir terdegradasi.

Karena itu, kata dia, perlu ada motor penggerak dalam membangkitkan kembali, termasuk lewat Dinasti Nusantara dalam menggelorakan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai Presiden dari pemangku adat, tokoh masyarakat, pelaku seni dan budayawan.

Baca Juga

“Jadi gini, Pak Ganjar selama ini di antara kandidat yang ada, beliau (Pak Ganjar) itu yang menonjol dalam usahanya untuk perhatian kepada budaya,” kata KRNgt Kusuma Ningrum di sela acara silahturahmi Dinasti Nusantara di Hotel Merdeka, Kediri, Jawa Timur, seperti dinukil pada Kamis (16/11/2023).

KRNgt Kusuma memandang selama menjabat Gubernur Jawa Tengah dua periode, Ganjar Pranowo menghadirkan beragam program terkait kebudayaan. Karena itu, dia optimis bilamana ketika menjadi Presiden Ganjar akan terus melanjutkan hal tersebut. Sehingga sejalan dengan keinginan pihaknya agar kebudayaan itu tetap lestari di setiap zamannya.

“(Kita) memilih Pak Ganjar karena kita sudah melihat nyata apa langkah-langkah Pak Ganjar selama ini dan wajib kita dukung, supaya program itu akan tetap di masa datang.  Ketika Pak Ganjar terpilih menjadi presiden, insyallah akan tetap ada dan bahkan mungkin jadi salah satu prioritas beliau gitu,” ujar dia.

Dukungan ini ditandai dengan penandatanganan bersama ratusan pemangku adat, tokoh masyarakat, pelaku seni dan budayawan dalam acara silahturahmi Dinasti Nusantara Jawa Timur di Kediri.

Adapun yang hadir dalam acara ini yakni Sapto Darmo Kediri, Paguyuban Ratu Adil, Paguyuban Kediri Garuda Nusantara, Projo Ganjar, Dewan Kesenian & Kebudayaan Kabupaten Kediri, Penghayat Kepercayaan, hingga Keluarga Pamenang Kediri. Mereka yakin bahwa Ganjar mampu membawa pengembangan seni budaya yang lebih baik ke depannya.

“Kita melihat selama ini tidak ada yang bisa diragukan dari seorang Pak Ganjar bagaimana memang memberikan program program lewat masyarakat adat dan budaya,” ucap KRNgt Kusuma.

Sementara, Ketua DPW Dinasti Nusantara Kediri, Ki Soetarto menyatakan, Ganjar Pranowo adalah pemimpin yang tidak akan pernah lupa kepada budaya.

Bahkan, Ki Soetarto mengaku takjub kala Ganjar menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah kerap mengundang pemangku adat, tokoh masyarakat, pelaku seni dan budayawan untuk berdiskusi.

“Jadi merupakan suatu anugerah mungkin dengan tanda-tanda itu, tanda-tanda kumpul ya raja-raja dan kepala suku di Nusantara yang begitu mendukung Pak Ganjar sepenuh hati mungkin inilah pemimpin masa depan,” ungkap Ki Soetarto.

Sebelumnya, sejumlah kelompok tergabung dalam perkumpulan bernama Dinasti Nusantara bersepakat mengantarkan Ganjar Pranowo menang dalam Pemilihan Presiden RI 2024.

"Kami siap dan bersama-sama solid untuk kemenangan Ganjar Pranowo," ujar Koordinator Dinasti Nusantara Sri Paduka KGPAA Mangku Alam II saat deklarasi dukungan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement