Selasa 14 Nov 2023 16:11 WIB

Prabowo-Gibran Bakal Naik Bus Listrik ke KPU, Ini Alasannya Menurut TKN

KPU menggelar pengundian nomor urut pukul 18.30 WIB.

Rep: Febryan A/ Red: Agus raharjo
Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid menyampaikan keterangan pers jelang pengundian nomor urut di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023).
Foto: Republika/ Febryan A
Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid menyampaikan keterangan pers jelang pengundian nomor urut di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Kampanye Nasional (TKN) menyatakan, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan mendatangi Kantor KPU RI menggunakan bus listrik untuk menghadiri pengundian nomor urut capres-cawapres.

"Kami para petinggi-petinggi partai maupun pasangan capres-cawapres akan transit di tempat ini, kemudian berangkat ke KPU menggunakan bus, yaitu bus listrik," kata Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid di Jalan Teuku Cik Ditiro Nomor 56, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023) sore.

Baca Juga

Nusron menyebut, Prabowo, Gibran, para ketum serta sekjen partai akan berangkat dari Jalan Teuku Cik Ditiro menuju Kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Menteng, sekitar pukul 18.10 WIB. Rombongan akan menggunakan dua bus listrik dan dijadwalkan tiba tepat waktu pada 18.30 WIB.

Nusron menjelaskan, penggunaan bus listrik merupakan bentuk komitmen Prabowo-Gibran untuk melanjutkan pembangunan, perjuangan hilirisasi sumber daya alam (SDA), dan industrialisasi yang digagas Presiden Jokowi. Penggunaan bus listrik juga untuk menunjukkan komitmen pada ekosistem energi hijau dan kebijakan zero emission.

 

"Mobil listrik ramah lingkungan, kita mengurangi emisi supaya lingkungan sehat. Mobil listrik ada baterai dan (pabrik) baterainya ke depan sedang dalam proses pembangunan di Indonesia," kata Nusron.

Politikus Golkar itu menyebut, Pemerintah kini sedang membangun pabrik bernama Indonesia Battery Company (IBC). Perusahaan itu dibangun dengan modal patungan Pertamina bersama PLN. "Itu semua inisiatif Pak Jokowi," ujarnya.

Pembangunan pabrik IBC itu, lanjut dia, merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan kebijakan hilirisasi. Sebab, bahan baku baterai adalah nikel.

"Kita sama-sama ketahui Pak Jokowi sangat kuat sekali komitmennya untuk menyetop ekspor nikel supaya diproses di dalam negeri, ya kan, (dengan) membangun smelter di dalam negeri dan ke depan akan diturunkan lagi jadi industri baterai," kata Nusron.

KPU menggelar pengundian nomor urut pukul 18.30 WIB. Selain Prabowo-Gibran, acara akan diikuti dua pasangan capres-cawapres lainnya, yakni Anies-Imin dan Ganjar-Mahfud.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement