Senin 13 Nov 2023 17:38 WIB

Unair Duduki Peringkat 15 Kampus Terbaik di Asia Tenggara

Posisi 15 kampus terbaik di Asia Tenggara jadi kado Dies Natalis ke-69 bagi Unair.

Universitas Airlangga (Unair) meraih posisi ke 15 kampus terbaik di Asia Tenggara.
Foto: Dok. Unair
Universitas Airlangga (Unair) meraih posisi ke 15 kampus terbaik di Asia Tenggara.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil mempertahankan peringkatnya sebagai kampus terbaik di Indonesia maupun dunia. Hal ini dibuktikan dengan peringkat UNAIR yang terus naik pada setiap periodenya. 

Di awal November 2023, Quacquarelli Symonds Asia University Rankings (QS AUR) menempatkan UNAIR di posisi 67 kampus terbaik di Asia dan 15 terbaik di Asia Tenggara. Peringkat ini tentu tidak lepas dari hasil pemeringkatan beberapa indikator. 

Baca Juga

Pada employer reputation UNAIR menduduki peringkat #47, International Faculty Ratio peringkat #53, Academic Reputation peringkat #56, Inbound Exchange Student peringkat #59, dan Outbound Exchange Student peringkat #77. Lima indikator ini menjadi penting bagi institusi perguruan tinggi karena menjadi tolak ukur kualitas dan relevansi pendidikan yang dilaksanakan.

Rektor UNAIR Prof Dr Moh Nasih SE MT Ak menuturkan bahwa peringkat ini menjadi kado istimewa bagi UNAIR yang saat ini sedang berulang tahun yang ke-69. Di usianya yang tak lagi muda, posisi ini adalah bukti bahwa perbaikan dari sisi pendidikan dan pengajaran yang UNAIR lakukan menghasilkan dampak yang signifikan. 

 

“Kita berharap UNAIR akan terus memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui tridharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat,” ungkapnya, mengutip keterangan tertulis, Senin (13/11/2023).

Ia berharap, kontribusi riset dan inovasi terus dilakukan tidak hanya dalam bentuk abstrak melainkan juga sampai pada produk hingga hilirisasinya. Menurutnya, ilmu pengetahuan dan teknologi yang maju mencerminkan bangsa yang maju. Hal ini senada dengan misi UNAIR, yakni sebagai pelopor pengembangan ilmu pengetahuan.

 

photo
Universitas Airlangga (Unair) selalu memperbaiki kualitas pendidikan dan pengajaran sehingga diakui dunia pendidikan internasional. - (Dok. Unair)
 

“Posisi UNAIR di tingkat nasional dan dunia harus kita pertahankan dan disesuaikan dengan moralitas semboyan Excellence with morality,” katanya.

Tak lupa juga, di akhir Prof Nasih memaparkan bahwa kiat menjadi kampus dunia adalah menggerakkan seluruh komponen untuk berkomitmen terhadap visi yang ada. Iklim pendidikan yang berkualitas lahir dari ikhtiar dan kolaborasi yang solid seluruh sivitas akademika. Sehingga capaian-capaian membanggakan bisa dirasakan bersama. 

“Kebersamaan ini yang mengantarkan UNAIR sukses meraih berbagai macam prestasi,” ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement