Senin 13 Nov 2023 17:24 WIB

Pengamat: Beri Bantuan ke Palestina Bisa Naikkan Elektabilitas Prabowo

Prabowo Subianto memberikan bantuan Rp 5 miliar untuk Palestina dari uang pribadinya.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Nora Azizah
Menhan Prabowo Subianto (kanan) berbincang dengan Perdana Menteri (PM) Palestina Mohammed Ibrahim Shtayyeh (kiri).
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Menhan Prabowo Subianto (kanan) berbincang dengan Perdana Menteri (PM) Palestina Mohammed Ibrahim Shtayyeh (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai dukungan calon presiden Prabowo Subianto untuk rakyat Palestina berpotensi menaikkan elektabilitasnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Prabowo diketahui menyumbangkan uang Rp5 miliar untuk rakyat Palestina melalui uang pribadinya. 

Prabowo sebagai menteri pertahanan RI juga memberikan beasiswa kepada 22 mahasiswa Palestina berkuliah di Universitas Pertahanan dan berencana mengirimkan kapal rumah sakit di wilayah dekat Palestina.

Baca Juga

"Saya melihatnya kelihatannya yang akan mendapat elektabilitas yang lumayan bagus terkait dengan isu atau momentum ini adalah Prabowo," ujar Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin saat dihubungi pada Senin (13/11/2023).

Ujang menilai, saat ini Pemerintah dan bangsa Indonesia memang sedang memusatkan perhatiannya untuk mendukung kemerdekana Palestina. Karena itu, hal ini jadi momentum bagi para politikus termasuk para calon presiden maupun calon wakil presiden memberikan dukungan. Menurutnya, hal ini akan berdampak pada naiknya elektabilitas ketiganya.

 

"Nah momentum Palestina ini kan momentum bagus, tentu isu nasional dan internasional yang kita harus mendukung rakyat Palestina agar merdeka, penjajahan Israel harus dilawan, penderitaan masyarakat Palestina harus dibantu, harus diringankan," ujarnya.

Sehingga baik Prabowo, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan menunjukan berbagai dukungannya kepada Palestina. Mulai Anies dengan berbagai pernyataan mendukung Palestina, termasuk Ganjar dan Prabowo. 

"Dari misalkan Anies pidato di silang Monas bentuk dukungan untuk Palestina dan itu bagus, demonstrasi itu untuk menunjukkan kepada masyarakat Indonesia dan dunia bahwa Anis peduli. Termasuk juga Ganjar," ujarnya.

Namun, Ujang menilai dukungan yang diberikan kepada Prabowo dinilai lebih dibutuhkan oleh rakyat Palestina.

"Cuma memang cara yang lebih riil, cara yang lebih nyata dilakukan oleh Prabowo dengan membantu langsung. Karena yang dibutuhkan adalah bantuan langsung, apa? ya tadi beasiswa anak-anak Palestina, mahasiswa-mahasiswa Palestina, kemudian juga sumbangan uang Rp 5 miliar, kapal rumah sakit di Palestina itu yang dibutuhkan masyarakat Gaza, masyarakat Palestina," ujarnya.

Karena itu, dia menilai Prabowo yang akan mendapatkan elektabilitas dari isu keberpihakan kepada Palestina.

"Karena bantuannya langkahnya nyata untuk membantu masyarakat Palestina secara nyata. kan masyarakat itu di sana butuh bantuan yang riil. Uang, bahan pangan, rumah sakit, obat-obatan termasuk beasiswa dan langkah-langkah itulah yang tepat dilakukan oleh Prabowo," kata Ujang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement