Ahad 12 Nov 2023 12:30 WIB

Panglima TNI Mutasi 105 Perwira Tinggi, Termasuk Pejabat BIN

Letjen TNI I Nyoman Cantiasa ditugasi menjadi Wakil Kepala BIN.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memastikan bahwa TNI akan netral dalam Pemilu 2024, usai rapat kerja dengan Komisi I DPR di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (7/11/2023).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memastikan bahwa TNI akan netral dalam Pemilu 2024, usai rapat kerja dengan Komisi I DPR di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (7/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono melakukan mutasi, rotasi, dan memberikan promosi kepada 105 orang perwira tinggi dari tiga matra TNI. Termasuk untuk jabatan tinggi di Badan Intelijen Negara (BIN).

Kebijakan yang dikeluarkan Panglima TNI melalui Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1286/XI/2023 pada 9 November 2023 itu dibenarkan oleh Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda TNI Julius Widjojono saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (11/11/2023).

Baca Juga

Dalam SK itu, perwira tinggi dari TNI Angkatan Darat menjadi yang terbanyak dimutasi atau kena rotasi, atau menerima promosi, yaitu 56 orang, disusul perwira tinggi TNI Angkatan Laut 37 orang, dan TNI Angkatan Udara 12 orang.

Dari jajaran TNI AD, Panglima TNI menetapkan Letjen TNI Arif Rahman sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakil KSAD). Kemudian Letjen TNI Alfret Denny D Tuejeh yang semula Inspektur Jenderal TNI AD digantikan Mayjen TNI Hilman Hadi.

 

Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, sebagaimana ditetapkan dalam SK, ditugasi menjadi Wakil Kepala BIN. Jabatan lama Cantiasa, Koordinator Staf Ahli Kepala Staf TNI AD, diisi oleh Mayjen TNI Sonny Aprianto yang sebelumnya menjabat Asisten Intelijen Panglima TNI. Posisi Asintel Panglima pun diisi Mayjen TNI Djaka Budhi Utama.

Dalam SK yang sama, Brigjen TNI Dian Herdiana saat ini menjabat Komandan Pusat Intelijen TNI AD. Kemudian Brigjen TNI Rudy Saladin yang semula menjabat Staf Khusus KSAD, saat ini menjadi Sekretaris Militer Presiden Kementerian Sekretariat Negara.

Untuk posisi Kepala Pusat Perhubungan TNI AD diisi oleh Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie. Jabatan lama Iroth sebagai Komandan Pusat Sandi dan Siber TNI AD ditempati Brigjen TNI I Gusti Ngurah Wisnu Wardana.

Beberapa jabatan komandan resor militer...

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement