Sabtu 11 Nov 2023 16:26 WIB

Kodim TNI 0618 Bandung Gandeng Itenas Modifikasi Kendaraan Roda Tiga Jadi Hybrid

TNI berkomitmen membantu masyarakat.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi personel TNI membantu masyarakat.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Ilustrasi personel TNI membantu masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kodim 0618/BS Kota Bandung menggandeng kampus Itenas Bandung untuk memodifikasi kendaraan roda tiga konvensional menjadi listrik dan hybrid sebanyak 5 unit. Kendaraan berhasil dimodifikasi serta diremajakan dan langsung diserahterimakan.

Kendaraan roda tiga yang dimodifikasi yaitu jenis Brushless DC motor berdaya 2.000 watt dengan tegangan listrik 72 volt. Kapasitas baterei 60 ah untuk jenis kendaraan listrik.

Baca Juga

Sedangkan kendaraan hybrid dengan spesifikasi sama dengan kendaraan listrik ditambah tangki bensin 4 tak.

Dandim 0618/BS Kota Bandung Kolonel Infanteri Donny Bainuri mengatakan peremajaan kendaraan operasional kodim  dilakukan menggandeng kampus Itenas Bandung. Total terdapat 5 unit kendaraan konvensional yang diubah menjadi kendaraan listrik dan hybrid.

 

"Kami sangat berterima kasih, ini hasil karya nyata kampus Itenas," ucap dia melalui keterangan resmi, Sabtu (11/11/2023).

Ia menyebut peremajaan kendaraan konvensional menjadi listrik dan hybrid mendukung efisiensi operasional. Serta optimalisasi pelaksanaan tugas pokok fungsi yang membutuhkan mobilitas.

Rektor Itenas Prof Meilinda Nurbanasari mengatakan kerja sama dengan Kodim 0618/BS Kota Bandung sudah sering dilakukan. Ia mengatakan pihaknya siap mendukung dan terlibat dalam melahirkan inovasi-inovasi.

"Kami siap membantu melahirkan inovasi-inovasi untuk mendukung tugas pokok TNI AD. Ini menjadi manfaat untuk masyarakat dari berbagai kalangan," kata dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement