Jumat 10 Nov 2023 06:42 WIB

Dede Yusuf Minta Kemendikbudristek Angkat Guru Honorer Jadi ASN

Dari kebutuhan 601.174 formasi pada 2023, Kemendikbudristek merekrut 296.059 formasi.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf.
Foto:

Dede Yusuf juga menilai guru bimbingan dan konseling (BK) memiliki peran yang sangat penting dalam membantu siswa menyelesaikan permasalahan. Guru BK tidak hanya bertugas membantu siswa dalam permasalahan saja, tapi juga berperan sebagai koordinator dalam mewujudkan kesejahteraan psikologis peserta didik.

"Guru BK memilik peran krusial dalam membimbing dan mendidik siswa untuk menjadi lebih baik, dulu kita semua takut kepada guru BP nama sebelum diubah menjadi BK namun sekarang sebaliknya," ujar Dede.

Menurut dia, saat ini, banyak kasus siswa yang mengajak berkelaki dengan gurunya. Dede menyebut, perbuatan tersebut tidak mencotohkan seorang murid yang teladan dan berbakati kepada guru sebagai orang tua pengganti diluar rumah.

"Belakangan ini banyak beredar di media seorang siswa yang mengajak duel dengan gurunya, hal itu mencnotohkan bahwa siswa tersebut membutuhkan pelayanan dari guru BK. Menurut kami peran guru BK dalam memberikan layanan dan bimbingan kepada murid itu harus diperkuat," kata Dede.

Politikus Partai Demokrat itu mengatakan, dewan ke depannya, akan berdiskusi dengan pemerintah terkait dengan permasalahan guru BK saat ini. Dede berharap, nantinya ditemukan titik temu mengenai masalah tersebut. "Kami mencari jalan keluar agar bagaimana peranan guru BK dalam membimbing dan mendidik siswa ini menjadi lebih kuat ya," jelas Dede.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement