Selasa 07 Nov 2023 13:34 WIB

Syafruddin Tegaskan tak Terlibat Politik Praktis dan Sebut Namanya Dicatut Din Syamsuddin

Nama Syafruddin disebut dicatatkan bersama rombongan yang hadir di Nasdem Tower.

Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Komjen Pol (purn) Syafruddin.
Foto: dok DMI
Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Komjen Pol (purn) Syafruddin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum DPP Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jenderal (purn) Syafruddin Kambo membantah terlibat politik praktis. Ia mengaku memprotes mantan ketua umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Din Syamsuddin, karena memasukkan namanya dalam daftar rombongan saat berkunjung ke Nasdem Tower Jakarta Pusat, pada Senin (6/11/2023).

Syafruddin menegaskan sudah menolak permintaan Din Syamsuddin untuk ikut dalam rombongan kunjungan ke Nasdem Tower. Ia mengatakan, posisinya saat ini melarang dirinya terlibat dalam politik praktis.

Baca Juga

"Kemarin saya sudah bilang ke Pak Din, saya tidak terlibat politik praktis, Dewan Masjid tidak boleh dibawa ke dalam politik, tapi nama saya tetap dimasukkan ke dalam daftar rombongan," ujar dia dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Syafruddin menyayangkan, Din Syamsuddin yang masih mencantumkan namanya dalam daftar rombongan yang hadir dalam kunjungan ke Nasdem Tower. Menurut Syafruddin, kunjungan Din Syamsuddin ke Nasdem merupakan bentuk dukungan terbuka kepada pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

 

Ketua Asfa Foundation ini menegaskan, dirinya tidak hadir dalam pertemuan tersebut, termasuk juga pada pertemuan-pertemuan yang bernuansa politis lainnya. Ia mendesak agar Din Syamsuddin untuk segera meralat soal ini.

"Sekali lagi saya meminta Pak Din untuk segera meralat ke semua media yang memuat pemberitaan soal kehadiran saya di pertemuan kemarin. Sekali lagi saya tekankan, dewan masjid tidak boleh terlibat politik, saya pun demikian menolak terlibat di politik praktis," kata dia.

Diketahui, mantan ketua umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin tiba di Nasdem Tower, Jakarta Pusat. Ia datang bersama sejumlah tokoh agama. Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh langsung menyambut dan memeluk hangat Din Syamsuddin.

Pantauan, Din beserta rombongan tiba di Nasdem pada pukul 15.25 WIB, mereka kompak mengenakan syal bendera Palestina. Din tiba di Nasdem langsung disambut oleh jajaran partai Nasdem, di antaranya Sekjen Partai Nasdem, Hermawi Taslim, Ketua DPP Partai Nasdem Effendi Choiri beserta jajaran lainnya.

Setelah itu, Din langsung diarahkan ke lantai 4 Nasdem Tower untuk bertemu dengan Surya Paloh. Selang beberapa menit, Surya Paloh tiba di Ballroom dan menyapa beberapa tokoh agama lain sebelum dirinya menyapa Din.

Dalam daftar rombongan yang diterima awak media, tertulis bahwa Din Syamsuddin mengajak 15 tokoh, dan Jenderal (purn) Syafruddin dimasukkan dalam daftar tersebut. Padahal Jenderal (purn) Syafruddin tidak terlihat hadir.

Sekadar informasi, usai pensiun dari kepolisian, Jenderal (purn) Syafruddin bergerak dalam bidang kemanusiaan dan pendidikan berskala nasional maupun internasional. Syafruddin melalui ASFA Foundation bersama Liga Muslim Dunia membahas perdamaian dunia, pendidikan, dan kemanusiaan.

Bahkan secara khusus Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia Syaikh Muhammad Abdul Karim Al-Isa mengajak Syafruddin untuk membahas rencana penyelenggaraan Konferensi Cendekiawan Muslim Dunia. Rencananya, konferensi ini akan dihadiri para tokoh etnis dan agama dari belahan dunia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement