Kamis 02 Nov 2023 04:01 WIB

Buka Rute ke Banjarmasin, Pelita Air Terapkan Penerbangan Berkelanjutan

Penerbangan ke Banjarmasin melengkapi delapan rute yang sudah ada sebelumnya.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pramugari menyambut penumpang pada penerbangan perdana maskapai Pelita Air rute Jakarta-Banjarmasin, Rabu (1/11/2023).
Foto: Republika.co.id
Pramugari menyambut penumpang pada penerbangan perdana maskapai Pelita Air rute Jakarta-Banjarmasin, Rabu (1/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maskapai Pelita Air membuka rute domestik baru. Kali ini, rute ke Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang menjadi tujuan. Banjarmasin terpilih menjadi rute terbaru karena dianggap memiliki potensi pasar yang menarik, baik dari segi jumlah penumpang potensial maupun permintaan perjalanan udara yang signifikan. 

Selain itu, Banjarmasin juga dapat menjadi penghubung untuk wilayah tengah dan timur Indonesia sehingga diharapkan rute penerbangan dapat memberikan layanan lebih luas kepada masyarakat. Penerbangan perdana (inaugural flight) rute Jakarta-Banjarmasin diselenggarakan pada Rabu (1/11/2023).

Penerbangan perdana agak istimewa, karena untuk penerbangan kali ini, Pelita Air menerapkan perhitungan offset atas carbon footprint yang dihasilkan. Pelita Air berkomitmen menjalankan praktik penerbangan berkelanjutan yang lebih hijau dengan menerapkan kebijakan karbon netral.

Direktur Utama Pelita Air, Dendy Kurniawan mengatakan, hadirnya Pelita Air di Banjarmasin tentunya dengan mempertimbangkan outlook performa rute penerbangan dan pertumbuhan demand penumpang. Pembukaan rute baru juga menjadi proyeksi optimisme perseroan yang tentunya akan lebih ditingkatkan. 

 

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari semua stakeholder dan pihak yang terlibat atas kelancaran dibukanya rute penerbangan berjadwal Pelita Air ke-9 Jakarta-Banjarmasin," kata Dendy dalam siaran pers di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, penerbangan ke Banjarmasin melengkapi delapan rute yang sudah ada sebelumnya, yaitu Bali, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, Palembang, Padang, Pekanbaru, dan Pontianak. "Pelita Air akan terus hadir dalam kebangkitan pariwisata dan pembangunan ekosistem transportasi udara khususnya di Banjarmasin dan Provinsi Kalimantan Selatan," ujar Dendy.

Meskipun belum genap setahun sejak peluncuran penerbangan berjadwal, menurut Dendy, respons sangat positif diterima Pelita Air, yang terefleksi dari load factor penumpang. Dengan menggunakan pesawat Airbus A320-200 berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi, Pelita Air mengoperasikan layanan penerbangan reguler rute Jakarta-Banjarmasin-Jakarta setiap hari. 

Untuk jadwal keberangkatan Jakarta-Banjarmasin pukul 10.30 WIB dan tiba pukul 13.30 WITA. Adapun rute Banjarmasin-Jakarta berangkat pukul 14.10 WITA dan tiba 15.15 WIB dalam frekuensi satu kali per hari penerbangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement