Rabu 01 Nov 2023 09:35 WIB

BPJS Kesehatan Anugerahkan Penghargaan Bagi 20 Jurnalis Terbaik

Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2023 diikuti oleh 158 peserta dari berbagai media

Sebagai wujud apresiasi terhadap jurnalis Indonesia yang proaktif membantu langkah edukasi kepada masyarakat tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) lewat karya-karyanya, BPJS Kesehatan memberikan penghargaan kepada 20 jurnalis pemenang Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2023, Selasa (31/10). Penghargaan tersebut diberikan kepada jurnalis media cetak, media online, photostory jurnalistik, televisi, dan radio yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia.
Foto: dok BPJS Kesehatan
Sebagai wujud apresiasi terhadap jurnalis Indonesia yang proaktif membantu langkah edukasi kepada masyarakat tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) lewat karya-karyanya, BPJS Kesehatan memberikan penghargaan kepada 20 jurnalis pemenang Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2023, Selasa (31/10). Penghargaan tersebut diberikan kepada jurnalis media cetak, media online, photostory jurnalistik, televisi, dan radio yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Sebagai wujud apresiasi terhadap jurnalis Indonesia yang proaktif membantu langkah edukasi kepada masyarakat tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) lewat karya-karyanya, BPJS Kesehatan memberikan penghargaan kepada 20 jurnalis pemenang Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2023, Selasa (31/10/2023). Penghargaan tersebut diberikan kepada jurnalis media cetak, media online, photostory jurnalistik, televisi, dan radio yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia.

"Selamat kepada para pemenang Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2023. Tidak mudah memilih pemenang di antara ratusan karya-karya terbaik yang dikirimkan oleh rekan-rekan jurnalis media massa dari seluruh Indonesia. Terima kasih telah memberikan informasi yang komprehensif, sekaligus menginsipirasi masyarakat untuk peduli akan pentingnya terlindungi jaminan kesehatan," kata Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti.

Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2023 diikuti oleh 158 peserta dari berbagai media massa lokal maupun nasional di Indonesia. Jumlah karya yang masuk sebanyak 202 karya, terdiri atas 27 karya media cetak, 90 karya media online, 28 karya foto jurnalistik, 19 karya televisi, dan 30 karya radio. Untuk menjaga netralitas dalam melakukan penilaian, nama jurnalis dan media massa pada seluruh karya lomba yang masuk telah dihilangkan, sehingga bersifat anonim.

Pada kesempatan tersebut, Ghufron juga mengapresiasi peran jurnalis dalam mendukung implementasi Program JKN dengan memberikan berbagai informasi dan masukan yang konstruktif demi menyempurnakan penyelenggaraan Program JKN dari waktu ke waktu. Hadir pula dalam acara tersebut, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi dan Koordinator Advokasi BPJS Watch, Timboel Siregar.

 

Berikut para pemenang Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2023:

Kategori Media Cetak

Juara 1: Rendi Fadillah dari Sumatera Ekspress dengan judul karya “Tak Sembuh Besale, Berobat Pakai KIS”

Juara 2: Arita Nugraheni dari Harian Kompas dengan judul karya “Publik Apresiasi Pelayanan Kesehatan JKN-KIS”

Juara 3: Truly Okto Hasudungan Purba dari Tribun Medan dengan judul karya “Badan Usaha Dukung Donasi BPJS, Warga Kini Berobat Tanpa Khawatirkan Biaya”

Juara Harapan: Fransiskus Pati Herin dari Harian Kompas dengan judul karya “Tiada Lagi Berobat ke Negeri Tetangga”

Kategori Media Online

Juara 1: Siti Masudah Isnawati dari Suaramerdeka.com dengan judul karya JKN-KIS Jadi Penopang Tumbuh Kembang Anak-Anak Penyandang CdLS”

Juara 2: Lilik Darmawan dari MediaIndonesia.com dengan judul karya “Ikut Program JKN, Kampung Terpencil Lereng Gunung Pangkas Kasus Tengkes”

Juara 3: Deonisia Arinta dari Kompas.id dengan judul karya “Satu Tahun Menuju Cakupan Semesta”

Juara Harapan: Stefy Thenu dari RMOL.id dengan judul karya “Ramai-Ramai Mengulurkan Tangan agar Masyarakat Bisa Menikmati Layanan Program JKN”

Kategori Photostory Jurnalistik

Juara 1: Abriansyah Liberto dari Tribun Sumsel dengan judul karya “Pelayanan BPJS Kesehatan untuk Pasien Kusta”

Juara 2: Muchtamir dari Sindo Makassar dengan judul karya “Perjuangan Nakes untuk Para Peserta JKN KIS di Desa Terpencil”

Juara 3: Ahmad Mufti dari Masakini.co dengan judul karya “BPJS Kesehatan Menjangkau Pulau Tertinggal”

Juara Harapan: Sukirman dari Sindonews.com dengan judul karya “Layanan Mobil Keliling BPJS Kesehatan Permudah Warga Makassar Akses JKN”

Kategori Televisi

Juara 1: Ervan Wahzudin dari Kompas TV dengan judul karya “Cerita Warga Baduy: BPJS Kesehatan Mempermudah Kami”

Juara 2: Hasby Alloh dari RTV dengan judul karya “Pengabdian Panjang di Pulau Lancang”

Juara 3: Ayu Pratiwi dari MNC TV dengan judul karya “Secercah Asa Penyintas Gagal Ginjal”

Juara Harapan: Yola Dwi Yanti dari MNC TV dengan judul karya “BPJS Keliling Mudahkan Peserta JKN”

Kategori Radio

Juara 1: Nurul Firdaus Silvia dari RRI Semarang dengan judul karya “Jiwa yang Aman bersama BPJS Kesehatan”

Juara 2: Silvy Nur Sakinah dari Elshinta Surabaya dengan judul karya “Peran JKN-KIS dan Pemda Demi Cakupan Semesta”

Juara 3: Ardi dari RRI Merauke dengan judul karya “BPJS Hadir hingga ke Pelosok Negeri”

Juara Harapan: Abdul Gafar Zakaria dari RRI Gunungsitoli dengan judul karya “Nestapa Berujung Bahagia”.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement