Selasa 31 Oct 2023 10:23 WIB

Hujan Lebat di Wilayah Pegunungan Sumut, BMKG: Bisa Banjir dan Longsor

Secara umum, cuaca di Sumut hari ini berpotensi mengalami hujan ringan hingga lebat.

Petugas kepolisian dibantu warga mengatur lalu lintas usai longsor di Sumatra Utara. BMKG mengingatkan masyarakat mewaspadai hujan lebat di pegunungan karena bisa mengakibatkan banjir dan longsor.
Foto: ANTARA/Dede Harison
Petugas kepolisian dibantu warga mengatur lalu lintas usai longsor di Sumatra Utara. BMKG mengingatkan masyarakat mewaspadai hujan lebat di pegunungan karena bisa mengakibatkan banjir dan longsor.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat di kawasan pegunungan dan Lereng Barat Sumatra Utara. Pasalnya, kondisi tersebut dapat menyebabkan banjir.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah pegunungan, Lereng Timur, Lereng Barat dan Pantai Barat Sumatra Utara yang dapat berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologis seperti banjir dan longsor," kata Prakirawan BBMKG Wilayah 1 Medan, Defri Mandoza, Selasa (31/10/2023).

Baca Juga

Secara umum cuaca di Sumatra Utara pada Selasa (31/10/2023) pagi berpotensi hujan dengan intensitas ringan di Langkat, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Asahan, Labuhanbatu, dan sekitarnya. Pada siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatra Utara.

Potensi hujan lebat terjadi di wilayah Medan, Deli Serdang, Langkat, Binjai, Deli Serdang, Karo, Dairi, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Humbang Hasundutan, Samosir, Kepulauan Nias, Mandailing Natal, dan sekitarnya. Pada malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatra Utara.

Potensi hujan lebat terjadi di wilayah Karo, Dairi, Binjai, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Mandailing Natal, dan sekitarnya. Dini hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan di Langkat, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Asahan, Labuhanbatu dan sekitarnya. Sementara itu, suhu udara rata-rata 18-33,0 derajat Celsius, kelembapan udara 60–98 persen, dan angin berembus dari Timur Laut-Tenggara, 10–30 km/jam.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement