Selasa 24 Oct 2023 14:01 WIB

Survei Terbaru, Pasangan Ini Diprediksi Kandas di Putaran Pertama Pilpres 2024

Meski demikian, masih ada 13,9 persen responden yang belum menentukan pilihan.

Rep: Febryan A, Eva Rianti/ Red: Andri Saubani
Ilustrasi pilpres 2024
Foto:

Capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan menanggapi ihwal sejumlah survei atau jajak pendapat yang menyebutkan bahwa elektabilitasnya paling rendah dibandingkan capres lainnya, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Anies justru menyinggung para peneliti dan mengomparasikan pada pengalamannya sewaktu maju dalam Pilkada DKI Jakarta. 

"Saya mengkhawatirkan masa depan dari peneliti-penelitu ini sebetulnya. Tapi ya enggak pap mereka semua pasti melakukan survei pasti ada metodenya pasti mereka bisa mempertanggungjawabkannya," kata Anies dikutip dari akun Instagram resminya, Selasa. 

Anies menegaskan, bahwa hasil survei tidak menentukan keterpilihan capres cawapres. Dia menekankan yang menjadi penentu adalah suara rakyat saat pencoblosan pada 2024 mendatang. 

"Pemilu tidak berdasarkan survei. Pemilu itu nanti sensus pada saat 14 Februari 2024 pada saat itulah kita akan melihat pandangan masyarakat yang sesungguhnya," tegas dia.  

Mantan Gubernur DKI tersebut juga mengungkapkan tentang pengalamannya saat maju sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta pada 2017 yang silam. 

"Dan pengalaman kami di Jakarta, belum pernah ada survei yang menempatkan kami nomor dua apalagi nomor satu bahkan seminggu sebelum Pilkada Jakarta kami masih tetap nomor tiga dengan selisih yang amat jauh. Lalu ketika terjadi Pilkada suasananya berubah sekali, angkanya lain sekali. Dan kita tahu yang menang yang mana," jelas dia. 

Dengan penuh rasa percaya diri, Anies pun menyampaikan kepada pada relawan bahwa angka dalam survei itu justru dijadikan pemicu untuk lebih maksimal dalam bekerja dan memenangkannya. 

"Jadi saya ingin sampaikan kepada semuanya baik relawan angka yang muncul di survei jadikan ini jadi pemicu bagi kita untuk bekerja lebih keras untuk menjangkau lebih banyak dan kami terimakasih sekali tidak perlu bayar mahal-mahal bisa mendapatkan informasi ini semua. Karena sekali survei berapa ratus juta yang harus dikeluarkan," tutur dia. 

 

photo
Para bakal capres mulai mengumbar janji politiknya. - (Republika)

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement