Ahad 22 Oct 2023 08:19 WIB

Presiden Jokowi Akhirnya Buka Suara Terkait Pencalonan Gibran Sebagai Cawapres

Jokowi menegaskan pengusungan paslon Pilpres 2024 bukan urusan Presiden.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Agus raharjo
Presiden Jokowi saat mengikuti panen raya di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Jumat (13/10/2023).
Foto: Republika/ Dessy Suciati Saputri
Presiden Jokowi saat mengikuti panen raya di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Jumat (13/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA --Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya buka suara terkait pengusungan putranya Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden oleh Partai Golkar. Gibran resmi menerima surat rekomendasi dari Golkar sebagai bakal cawapres untuk mendampingi Prabowo Subianto.

Keputusan Golkar mengusulkan Gibran sebagai bakal cawapres Prabowo diresmikan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) partai yang digelar pada Sabtu (21/10/2023). Jokowi enggan menjawab tegas perihal dukungan Golkar kepada Gibran ini.

Baca Juga

Termasuk saat ditanya apakah dirinya merestui atau tidak jika sang putra benar-benar maju pada kontestasi Pilpres 2024. Jokowi hanya menjawab, sebagai orang tua tugasnya hanya mendoakan dan merestui keputusan sang anak. Apalagi sang anak tergolong sudah dewasa dan bisa menentukan keputusan sendiri.

"Orang tua itu tugasnya hanya mendoakan dan merestui keputusan (Gibran) semuanya. Karena sudah dewasa ya jangan terlalu mencampuri urusan," kata Jokowi seusai menjadi Pembina Upacara Hari Santri di Tugu Pahlawan Surabaya, Ahad (22/10/2023).

Terkait kepastian Gibran akan berpasangan dengan Prabowo di Pilpres 2024, Jokowi juga enggan memberikan kepastian. Ia meminta awak media untuk menanyakan langsung kepada koalisi partai politik pengusung Prabowo Subianto sebagai bakal capres 2024.

"Tanyakan ke partai politik itu wilayahnya partai politik, atau koalisi partai politik, atau gabungan partai politik, bukan urusan presiden," ujarnya.

photo
Putusan MK Berubah Setelah Adik Ipar Jokowi Ikut Rapat - (infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement